Advertisement

Jangan Sepelekan Bengkak di Kaki, Bisa Jadi Sakit Jantung

Newswire
Jum'at, 20 September 2019 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Jangan Sepelekan Bengkak di Kaki, Bisa Jadi Sakit Jantung Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Penyakit pada katup jantung ternyata bisa berhubungan dengan sakit pada kaki.

Penyakit jantung masih menjadi hal yang serius bagi masyarakat dunia. Ternyata bukan hanya jantung koroner saja yang menjadi masalah serius, melainkan penyakit katup jantung.

Advertisement

Penyakit ini memang jarang diketahui masyarakat, namun akan sangat berbahaya jika didiamkan. Penyakit katup jantung disebabkan oleh rematik. Proses peradangan terjadi pada saat usia anak-anak. Peradangan yang tidak sembuh dengan baik dan sering terjadi berulang kali dapat menyebabkan hilangnya daya tahan tubuh.

Hal inilah yang nantinya dapat menyerang katup jantung. Jika sudah terserang, maka katup jantung akan mengalami penyempitan bahkan hingga kebocoran. Namun hal yang paling sering dialami oleh seseorang adalah penyempitan katup jantung.

Hal ini pun dibenarkan oleh Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP (K), FIHA. Menurutnya penyakit ini wajib diwaspadai oleh seseorang. Setidaknya masyarakat harus tahu gejala awal penyakit katup jantung untuk mencegahnya tidak bertambah parah.

“Gejalanya sesak napas dan baru akan ketahuan ketika sudah berobat. Penyakit ini masih ditemukan di Indonesia yang angkanya masih cukup banyak. Sementara di luar negeri jumlahnya tidak banyak,” terang dr. Ario, dalam acara ASEAN Federation Cardiology Congress, Jumat (20/9/2019).

Lebih lanjut dr. Ario mengatakan jika tak tertangani dengan baik, maka perlu dilakukan intervensi jantung. Bahkan dalam beberapa kasus seseorang harus menjalani operasi katup untuk mengganti katup yang sudah rusak.

“Bocor katup jantung adalah sebuah kondisi ketika katup jantung tak menutup sempurna. Disebabkan infeksi, pengapuran atau pengapuran karena rematik, dan bisa juga karena penyakit jantung bawaan. Penyakit ini dikategorikan dari yang ringan, sedang, hingga berat,” lanjutnya.

Dalam kondisi berat, metode pembedahan diperlukan apalagi jika seseorang telah mengalami keluhan pada tubuhnya. Namun Anda juga perlu waspada karena penyakit ini bisa saja timbul tanpa keluhan. Keluhan yang biasa dirasakan oleh seseorang adalah sesak napas, cepat lelah dan bengkak di kaki.

“Menyembuhkannya dengan cara pembedahan. Bedah dilakukan untuk memperbaiki katup sesuai dengan kerusakan yang dialami. Semakin berat maka biasanya katup akan diganti, bisa diganti katup dari metal atau sesuai pertimbangan,” tuntasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement