Suka Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari? Ini Dampak Buruknya

Menu So Tempe-ting di Saladstop! JIBI/Bisnis - Tika Anggreni
24 September 2019 21:07 WIB Ria Theresia Situmorang Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Suka terhadap makanan tertentu teryata ada dampak buruknya. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang suka kepraktisan dengan mengonsumsi nasi goreng atau roti setiap sarapan, atau mengonsumsi smoothie buah setiap malamnya.

Jika iya, Anda perlu melakukan perubahan pada pola makan Anda karena meskipun saat ini Anda tidak merasakan dampak yang buruk, mengonsumsi makanan yang sama setiap hari tidak sehat bagi tubuh Anda. 

Dikutip dari Times of India, berikut 5 alasan mengapa Anda tidak diperbolehkan makan makanan yang sama setiap harinya

1. Kekurangan nutrisi

Tubuh kita membutuhkan banyak macro dan micronutrients yang berguna bagi fungsi tubuh. Hal ini hanya bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi berbagai macam makanan dan sayuran. 

Bertahan hanya mengonsumsi satu jenis buah atau sayuran dalam jangka waktu lama pun tak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan nutrisi. Pastikan mengisi piring Anda dengan berbagai sayuran dan buah yang berwarna-warni setiap harinya. 

2. Menganggu sistem pencernaan

Mengonsumsi makanan tertentu dapat jangka waktu panjang tidak akan menumbuhkembangkan bakteri baik pada sistem pencernaan Anda. 

Ubahlah hal tersebut dengan mengubahnya yang akan membuat sistem imun Anda membaik dan juga bagus untuk lancarnya proses ekskresi Anda dengan mengonsumsi makanan fermentasi, buah dan sayuran yang berbeda-beda setiap harinya.

3. Memperlambat penurunan berat badan

Seringkali orang yang sedang menjalani program diet mengonsumsi satu jenis makanan yang itu-itu saja dalam kurun waktu tertentu, padahal tersebut dapat memperlambat proses pembakaran lemak.

Pastikan mulai sekarang Anda diet dengan tetap memperhatikan konsumsi makanan yang seimbang dan beragam.

4. Overdosis nutrisi tertentu

Dengan mengonsumsi makanan tertentu, Anda kemungkinan akan mengalami kondisi overdosis nutrisi tertentu yang berpotensi berbahaya bagi tubuh. 

Contohnya, mengonsumsi kunyit setiap harinya dapat menganggu sistem hati karena nutrisi yang terlalu berlebihan. 

5. Berpotensi menyebabkan gangguan makan

Mengonsumsi makanan tertentu dalam waktu yang lama dapat menyebabkan eating disorder atau gangguan makan. 

Dalam kondisi ini seseorang mungkin akan menolak mengonsumsi makanan hanya karena tekstur, warna dan aromanya yang berbeda. Tidak main-main ini gejala ini dapat menyebabkan orang tersebut kekurangan gizi dan penurunan berat badan yang tidak sehat. 

Sumber : Bisnis.com