Ini 10 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan pada Anak di Bawah 1 Tahun, Salah Satunya Telur

Ilustrasi - Eatdrinkbetter
08 Oktober 2019 07:07 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di usia enam bulan ke atas, bayi mulai bisa mengonsumsi makanan, setelah sebelumnya hanya minum air susu ibu atau juga susu formula.

Meski sudah boleh mengonsumsi makanan padat, namun tekstur dan jenis makanan yang harus dikonsumsi bayi terutama yang masih di bawah usia 1 tahun harus benar-benar diperhatikan.

Ada beberapa jenis makanan yang masih belum boleh diberikan karena berbagai alasan. Dan umumnya alasan ini demi kesehatan dan keamanan sang bayi.

Lantas makanan apa yang masih dilarang diberikan untuk bayi di bawah usia 1 tahun? berikut rinciannya menurut Boldsky.com:

1. Madu

Madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum, yang jika dikonsumsi bayi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, sembelit, nafsu makan yang buruk, dan infeksi bakteri. Ini sangat umum pada bayi di bawah usia 1 tahun.

2. Biji-bijian olahan

Biji-bijian utuh lebih padat nutrisi dibandingkan dengan biji-bijian olahan. Biji-bijian olahan kekurangan nutrisi penting seperti magnesium, serat makanan, kalsium, dan vitamin B yang dibutuhkan bayi selama tahun pertama. Biji-bijian utuh juga kaya akan senyawa bioaktif yang memodulasi mikrobiota usus dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

3. Susu sapi

Menurut sebuah penelitian, memberi susu sapi kepada bayi memiliki efek buruk pada kesehatan mereka. Susu sapi memiliki kandungan zat besi yang rendah yang membuat bayi sulit mendapatkan jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Selain itu, kalsium dan kasein yang ada dalam susu sapi menghentikan penyerapan zat besi non-heme makanan

4. Jus buah

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan orang tua untuk menghindari jus buah 100 persen untuk bayi di bawah 6 bulan. Alasannya adalah jus tidak memberikan nutrisi pada bayi di tahun pertama mereka dan dapat menggantikan ASI.

5. Cokelat

Cokelat tidak boleh diperkenalkan kepada bayi di tahun pertama mereka karena mengandung susu padat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak Anda. Makanan apa pun yang mengandung susu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 1.

6. Kacang

Para ahli merekomendasikan bahwa bayi memiliki risiko tinggi terkena alergi kacang yang merupakan alasan mengapa seluruh kacang tanah dan selai kacang atau selai kacang harus dihindari. Bayi dengan alergi telur, eksim parah harus dibawa ke dokter anak untuk memeriksa seberapa aman kacang tanah bagi mereka.

7. Makanan Laut

Makanan laut, terutama kerang dan ikan lain yang mengandung banyak merkuri, tidak boleh diberikan kepada bayi. Alih-alih memilih ikan seperti salmon, nila, tuna kaleng, dan lele.

8. Telur

Anak-anak menyarankan para orang tua untuk tidak memberi bayi mereka seluruh telur sampai setelah tahun pertama mereka. Karena menurut American College of Allergy, Asthma and Immunology, 2 persen anak-anak alergi terhadap telur.

9. Daging

Produk daging tidak boleh diberikan kepada bayi karena sangat sulit untuk dicerna dan mengandung banyak sodium dan lemak hewani, yang keduanya tidak baik untuk bayi Anda.

10. Berry

Berry seperti blackberry, blueberry, stroberi dan raspberry dan buah jeruk lainnya bersifat asam di alam. Ini dapat menyebabkan keasaman dan gangguan perut pada bayi.

Sumber : Boldsky