Kenali Tanda-Tanda Teman Dekat Anda Alami Depresi

Ilustrasi depresi. - JIBI
11 Oktober 2019 17:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Depresi dalam dialami oleh siapapun. Depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, hingga kesehatan mental seseorang.

Seseorang dalam kondisi depresi biasanya mengalami perasaan sedih, cemas atau kosong. Gejala-gejala lain yang mungkin muncul adalah perasaan bersalah, mudah tersinggung atau kemarahan.

Selain perubahan suasana hati, individu dengan gejala depresi cenderung kehilangan minat untuk melakukan aktivitas yang sebelumnya dianggap menyenangkan.

Gangguan mental depresi ini bisa dialami oleh siapa pun, termasuk Anda maupun orang terdekat. Melansir dari Asia One, ada beberapa tanda-tanda pasangan atau orang terdekat Anda mengalami depresi.

1. Jarang menata rambut

Selama ini orang yang tidak menyisir rambut, kulit berbau dan kuku kotor dipandang jorok. Padahal kebiasaan tersebut juga bia merupakan tanda awal depresi.

2. Mudah marah

Orang yang sedang depresi tidak hanya menunjukkan tanda-tanda menarik diri maupun diam. Tetapi, mereka juga menjadi sosok yang mudah marah. Hal ini bisa terjadi ketika perasaan bersalah, penolakan dan kehilangan sudah menumpuk lalu akan meledak kapan pun.

3. Kerja terlalu keras

Beberapa orang yang mengalami depresi juga bisa menyibukkan diri dengan bekerja untuk mengalihkan emosi serta pikirannya. Mereka bekerja hingga lupa waktu demi menghibur dirinya sendiri.

4. Mudah lupa

Orang yang depresi juga memiliki kesulitan berkonsentrasi. Oleh karenanya, mereka akan mudah lupa, bahkan dengan hal yang paling kecil. Seperti, lupa menaruh kunci, janji bertemu seseorang dan hal lain yang sebelumnya biasa dilakukan.

5. Sulit membuat keputusan

Jangankan membuat keputusan besar, orang yang sedang depresi juga sulit membuat keputusan kecil. Pasalnya, mereka berpikir apapun yang dilakukannya pasti akan salah. Sebab, orang-orang depresi terperangkap dalam pikiran buruknya.

Sumber : suara.com/Asia One