Sukses Berkarier Tidak Selalu Harus Menjadi Pegawai

Ilustrasi pencari kerja Reuters.
15 Oktober 2019 05:57 WIB Sunartono Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sukses meniti karier tidak selamanya harus menjadi pegawai dengan jabatan tertentu. Mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, bisa dinilai sebagai salah satu bentuk kesuksesan dalam meniti karier meski belum menjadi pegawai sekalipun. Hal itu dibahas dalam Career Seminar yang digelar di Auditorium Abdul Kahar Muzakkir, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Senin (14/10/2019).

Kepala Divisi Pengembangan Karier Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni (DPKA) UII Nur Pratiwi Noviati menjelaskan dalam pertemuan ilmiah itu pihaknya berupaya memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa sukses berkarier tidak selalu harus menjadi pegawai dengan jabatan tertentu. Dengan demikian berkarier tidak selalu dikaitkan dengan pendapatan atau income yang tinggi, tetapi harus mampu memberikan manfaat terutama bagi masyarakat di bidang yang ditekuni.

“Berkarir tidak selalu harus pegawai atau duduk di jabatan tertentu, tetapi ketika seseorang memilih untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga melanjutkan termasuk bagian dari berkarier,” terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (15/10/2019).

Ia mengatakan, seseorang yang berupaya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, terutama dengan memperoleh beasiswa dinilai sebagai meniti suatu karier. Sehingga dapat menjadi contoh bagi mahasiswa atau lulusan yang baru saja diwisuda. Begitu juga dengan seseorang yang menentukan pilihan hidup untuk membuka suatu usaha dengan segala bentuknya bisa menjadi alternatif karier di era saat ini,  karena tidak harus mencari kerja kemana-mana tetapi bisa menciptakan lapangan kerja itu sendiri.

“Maka kami membagi karier itu dalam tiga orientasi, bekerja di suatu instansi atau menjadi pegawai, kemudian menjadi entrepreneur. Sehingga harapan kami sukses berkarier tidak selalu bekerja di suatu instansi saja. Tetapi bagaimana seseorang bisa memberi manfaat di bidang yang ia tekuni,” katanya.

Ia mengatakan dalam seminar itu pihaknya menghadirkan sejumlah alumni dalam tiga bidang tersebut, Antara lain, Dimas Novrriandri yang mewakili dari kalangan sebagai pegawai, Anugrah Pakerti di bidang entrepreneur dan Greget Kalabuana mewakili alumni UII yang meniti karier bidang pendidikan dengan melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi.

“Ini peserta mahasiswa dan alumni, harapan kami narasumber itu bisa memberikan motivasi dalam berkarier, sehingga bisa cepat bekerja, mengembangkan usaha, atau kuliah lanjut,” katanya.