Advertisement

Ngeri, Layar Ponsel Bisa Percepat Penuaan dan Rusak Sel Otak

Newswire
Selasa, 22 Oktober 2019 - 01:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ngeri, Layar Ponsel Bisa Percepat Penuaan dan Rusak Sel Otak Ilustrasi. - Reuters/Carlo Allegri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bagi sebagian orang, meninggalkan kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur dirasa sangat sulit. Padahal pakar mengatakan bahwa layar ponsel memancarkan cahaya biru yang dapat menganggu ritme sirkardian dan memengaruhi kualitas tidur.

Lebih dari itu, sebuah penelitian menunjukkan cahaya LED biru dapat mempercepat proses penuaan dan merusak sel-sel otak.

Advertisement

Melansir China Press via World of Buzz, penelitian ini dilakukan oleh Oregon State University pada lalat buah. Disebutkan sel otak lalat buah yang terpapar lampu LED biru akan membusuk.

Penulis utama makalah penelitian ini, Profesor Jaga Giebultowicz, juga mengatakan cahaya buatan ini dapat memotong rentang hidup lalat buah dengan jumlah yang cukup banyak.

Dalam percobaan, lalat buah yang terpapar cahaya biru buatan dalam waktu 12 jam dan gelap total memiliki risiko 15% untuk hidup lebih pendek daripada lalat yang hidup terpapar kegelapan total serta lalat yang hidup dengan cahaya alami.

Lalat yang terpapar cahaya biru juga mengalami kerusakan pada neuron otak serta sel-sel retina mereka.

Perlu juga dicatat bahwa beberapa lalat dalam percobaan ini tidak memiliki mata, karena mutasi bawaan. Namun, mereka masih menderita gangguan otak dan kapasitas motorik yang sama.

Meskipun ini mungkin bukan bukti konklusif bahwa lampu LED biru dapat mempersingkat hidup, Anda harus tetap berhati-hati dan biasakan menggunakan filter cahaya biru pada perangkat Anda agar tidak menganggu ritme sirkardian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com/China Press via World of Buzz

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran, 41 Ribu Lebih Pengunjung Belanja di Pasar Beringharjo

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement