Advertisement

Menstruasi Tak Lancar? Mungkin Anda Mengalami Ini ...

Newswire
Kamis, 24 Oktober 2019 - 00:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menstruasi Tak Lancar? Mungkin Anda Mengalami Ini ... Ilustrasi Menstruasi - ist/classic105

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Menstruasi adalah hal alami yang wajar dan rutin dialami perempuan. Kenddati demikian, ternyata ada juga perempuan yang tidak menstruasi, karena alasan tertentu. Lalu apa saja penyebab perempuan telat datang bulan?

Mengutip Times of India, Rabu (23/10/2019) terlambat menstruasi bisa jadi alarm penting bagi perempuan. Berikut empat  gejala yang mungkin Anda alami saat datang bulan tidak lancar.

Advertisement

1.Stres

Diakui para peneliti stres adalah sumber dari segala penyakit, salah satunya mengacaukan siklus hormon dan memengaruhi antara dua siklus menstruasi.

Kalau perubahan hormon terjadi maka ia akan memengaruhi otak tang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus. Tak hanya itu, stres juga memicu kenaikan berat badan atau penurunan berat badan.


2.Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah gangguan hormon pada perempuan di usia subur. Perempuan dengan PCOS memiliki folikel tambahan, yang membuat proses kedatangan mesntruasi lebih lama dari biasanya. Karena tidak ada sel telur yang dilepaskan, berarti tidak ada menstruasi. Beberapa gejala PCOS lainnya termasuk peningkatan kadar testosteron dan kenaikan berat badan.

3. Berat Badan Kurang Ideal

Wanita dengan gangguan pola makan seperti bulimia atau anoreksia nervosa mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur. Jika beratmu kurang 10 persen dari berat ideal, maka akan terjadi perubahan fungsi tubuh dan periode ovulasi.

Menambah berat badan atau mengembalikan berat badan menjadi normal dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi. Tak hanya itu olahraga ekstrem juga dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar. Walau begitu hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

4. Diabetes atau Tiroid

Diabetes dan tiroid dapat dikaitkan dengan menstruasi yang kurang lancar. Tiroid dapat membuat menstruasi tidak beraturan. Bahkan dapat menghentikan menstruasi selama beberapa bulan, itu disebut amenore.


Jadi ada baiknya periksa apa masalah Anda jika tidak mendapat menstruasi. Mungkin masalah di atas sedang menimpa Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement