Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Makan

Ilustrasi mengunyah makanan - istimewa
29 Oktober 2019 06:07 WIB Ria Theresia Situmorang Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika sedang kelaparan? Ternyata, kebanyakan orang dapat bertahan beberapa minggu tanpa mengonsumsi makanan.

Namun pada akhirnya, hidup tanpa makanan dalam waktu yang lama dapat membunuh Anda.

Enam jam setelah makan, tubuh anda akan mencerna makanan menjadi glukosa dan menyimpannya menjadi energi yakni glikogen.

Dikutip dari Business Insider, tubuh Anda akan membakar langsung glukosa dan glikogen sebanyak yang Anda butuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Energi yang Anda dapatkan melalui makanan ini nyatanya bisa bertahan selama dua hari, namun kebanyakan orang memang sudah lapar setelah 6 jam mengonsumsi makanan terakhirnya.

Dalam hal ini, jika Anda tidak makan selama satu hari, tubuh Anda akan membakar lemak menjadi energi. Namun untuk penyandang diabetes, tidak mengonsumsi apapun dalam waktu yang lama akan menjadi sangat berbahaya.

Bagi orang normal, tidak mengonsumsi makanan dalam kurun waktu berhari-hari ternyata bisa menyebabkan masa otot dan lemak berkurang karena digunakan untuk menggantikan energi. Proses ini lazim dikena sebagai autophagy. Hal ini juga berdampak buruk yakni degenerasi fungsi sel ditambah dengan sistem imun yang mungkin akan melemah.

Setelah enam dan tujuh minggu tidak mengonsumsi makanan, detak jantung akan berdebar sangat kencang. Penyakit gagal janttung dan berbagai organ lainnya bisa menjadi risiko orang yang tidak mengonsumsi apapun dalam jangka waktu terlalu lama. Hal ini yang kemudian akan menyebabkan kematian.

Maka dari itu, meski Anda bisa bertahan hidup tanpa makanan dalam jangka waktu tertentu, tetap disarankan untuk mengonsumsi air putih.

Sumber : Bisnis.com