Advertisement

Ini Sikap Orang Tua yang Bisa Menghilangkan Kepercayaan Diri Anak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 Oktober 2019 - 22:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Sikap Orang Tua yang Bisa Menghilangkan Kepercayaan Diri Anak Hyper parenting - ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Memupuk dan menumbuhkan kepercayaan diri sangatlah penting, dan harus dilakukan sejak dini. Anak-anak yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, bisa membantunya mencapai kesuksesan di masa depan.

Tapi sayangnya, banyak anak juga yang tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup, sehingga membuatnya sulit bersosialisasi, atau berani melakukan sesuatu.

Advertisement

Tingkat kepercayaan diri anak, adalah tanggung jawab orang tua untuk menumbuhkannya. Banyak orangtua yang tidak menyadari hal ini. Bahkan ternyata, ada tindakan-tindakan dari orangtua pada anak yang bisa menghilangkan kepercayaan dirinya.

Berikut tindakan orangtua yang bisa menghilangkan kepercayaan diri anak seperti dilansir dari psychologytoday.com :

1. Membentak dan memukul

Tidak ada yang lebih buruk dari menurunkan harga diri dan menghilangkan kepercayaan diri seseorang ketika dia dibentak dan dipukul. Ini juga berlaku pada anak-anak. Ketika Anda berteriak dan memukul, Anda menunjukkan kontrol impuls yang buruk disampaikan melalui kemarahan dengan tujuan melemahkan anak Anda. Pelajaran hidup macam apa yang diajarkan itu?

Meskipun mungkin terasa seolah-olah Anda telah berhasil membuat mereka menghentikan perilaku ofensif mereka dengan cara itu, sebenarnya ini adalah perbaikan jangka pendek. Berteriak dan memukul anak dapat menurunkan kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah, mengatasi konflik, dan membangun harga diri.

2. Berkutat pada konflik masa lalu

Setelah masalah atau konflik diselesaikan, jangan terus mengungkitnya. Anak-anak harus diperbolehkan memulai dari awal dengan yang bersih. Orang tua yang mengemukakan kesalahan masa lalu anak-anak sedang mengajar mereka untuk menyimpan dendam untuk jangka waktu yang lama.

Juga, anak-anak perlu tahu bahwa begitu suatu masalah diselesaikan, itu menjadi bagian dari masa lalu. Semakin banyak seorang anak dapat diperkuat untuk perilaku positif dan pilihan mereka ke depan, semakin baik perasaan mereka tentang diri mereka sendiri. Dan mereka secara alami akan cenderung mengulangi pilihan masa lalu yang buruk untuk perhatian negatif.

3. Menyuntikkan rasa bersalah

Orang tua yang menggunakan rasa bersalah untuk mengendalikan anak-anak mereka berisiko mengasingkan mereka. Membuat anak menanamkan rasa bersalah pada dirinya, akan membuatnya tidak berani melakukan apapun karena khawatir melakukan kesalahan.

4. Berbicara dengan sarkasme

Penggunaan sarkasme menyakitkan anak-anak karena merasa malu. Menjatuhkan anak melalui sarkasme menciptakan hambatan bagi orang tua yang mencoba berkomunikasi secara efektif dengan anak-anak mereka

Selain memengaruhi harga diri dan kepercayaan diri secara negatif, masing-masing perilaku pengasuhan negatif yang dijelaskan di atas dapat meningkatkan perilaku menantang pada anak Anda. Anak-anak yang memendam perasaan mereka karena terpapar dengan perilaku pengasuhan yang dibahas di atas mungkin akan muncul menjadi anak yang emosional dan mengecewakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : psychology today/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement