Ini 14 Kebiasaan Orang Paling Sehat di Dunia

Ilustrasi - JIBI/bisnis.com
30 Oktober 2019 14:27 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tidak menjalankan gaya hidup sehat meningkatkan beragam risiko penyakit seperti jantung, diabetes tipe 2, stroke dan kanker. Untuk mengurangi risiko kesehatan ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah melihat kebiasaan kecil namun efektif yang dimiliki orang-orang paling sehat di dunia dan lihat bagaimana Anda dapat menerapkannya dalam hidup Anda.

Berikut kebiasaan yang dilakukan orang-orang tersehat di dunia seperti dilansir dari Boldsky.com :

1. Tidak merokok

Berhenti merokok dapat menambah tahun hidup Anda dan membuat Anda hidup lebih lama. Merokok, ganja, dan bahkan asap ganja tidak dianggap aman dan merusak paru-paru Anda. Dan juga perokok pasif diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung 25 hingga 30% lebih tinggi, menurut American Heart Association. Jadi, jauhi asap.

2. Mengikuti pola makan nabati

Memasukkan makanan nabati ke dalam makanan Anda seperti biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran akan menurunkan risiko penyakit kronis. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, makanan nabati mengurangi risiko kardiovaskular sebesar 16% dan kematian dini sebesar 25%.

3. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan denyut jantung dan berfungsinya bagian tubuh lainnya [4]. Kami tidak menyarankan Anda untuk pergi ke gym tetapi, Anda dapat melakukan latihan intensitas rendah seperti berjalan, berolahraga, naik sepeda, dan sebagainya, karena ini akan membuat tubuh Anda aktif secara fisik.

4. Mengonsumsi ikan

Menurut Akademi Nutrisi dan Penderita Diabetes, ikan mengandung asam lemak omega 3 yang diketahui memiliki daftar panjang manfaat kesehatan yang terbukti termasuk meningkatkan kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian di Clinical Gastroenterology and Hepatology, mengkonsumsi ikan dapat menurunkan risiko kanker usus [5].

5. Bersosialisasi

Memiliki kelompok sosial yang dekat dengan keluarga dan teman membuat Anda bahagia, yang pada gilirannya membantu Anda menjalani kehidupan yang sehat. Menurut para peneliti di Duke-NUS Medical School, Singapura, peningkatan kebahagiaan terkait langsung dengan penurunan angka kematian [6].

6. Tidak stres

Orang yang paling sehat tidak stres dan itulah yang membuat mereka tetap sehat dan bahagia. Stres kronis dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, penyakit mental yang lebih tinggi dan mempersingkat rentang hidup Anda [7].

Orang yang sehat tahu cara mengelola stres dengan menjaga diri tetap positif, tidur tepat waktu, menghindari nikotin, dan berada di sekitar orang yang positif.

7. Mempertahankan berat badan yang sehat

Menurut National Institute of Health, mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu kebiasaan paling sehat yang dapat menambah hampir satu dekade dalam hidup Anda. Seseorang yang kegemukan memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular.

8. Minum alkohol dalam jumlah sedang

Minum alkohol dalam jumlah sedang adalah kesamaan yang dimiliki oleh kebanyakan orang paling sehat. Sesuai penelitian, semakin banyak seseorang minum alkohol, semakin tinggi risiko gagal jantung, stroke, kematian dini dan aneurisma fatal [8].

9. Menghabiskan waktu di luar rumah

Orang yang paling sehat menghabiskan banyak waktu di tengah alam. Bahkan, menghabiskan waktu di tengah-tengah alam (terapi alami) diketahui memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Ini dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan hormon stres dan memperlambat detak jantung dan menjaga pikiran Anda tetap aktif.

10. Menghabiskan waktu sendirian

Menghabiskan waktu berkualitas saja sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mental. Kegiatan seperti membaca buku, bermeditasi, melakukan perjalanan solo, sebenarnya dapat membangun kekuatan mental, meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Ini adalah salah satu cara terbaik dan paling sederhana untuk menjaga kesehatan Anda.

11. Tidur tepat waktu

Menurut sebuah penelitian, tidur delapan jam di malam hari meningkatkan umur panjang dan mengurangi risiko kematian dini. Para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh hingga delapan jam berada pada risiko kematian yang meningkat dari semua penyebab [9].

12. Membatasi waktu di media sosial

Sering berada di media sosial dapat membuat seseorang semakin tidak bahagia dan terisolasi dalam jangka panjang. Melihat gambar dan membaca pembaruan dari teman membuat Anda ingin membandingkan diri Anda yang terburuk dengan diri mereka yang terbaik dan ini sangat memengaruhi kesehatan mental Anda. Jadi, semakin sedikit waktu yang Anda habiskan di media sosial semakin Anda akan bahagia.

13. Membantu orang lain

Orang sehat meluangkan waktu bagi orang lain untuk menyediakan layanan dan melakukan amal setiap hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam kesehatan publik BMC, orang sehat yang menjadi sukarelawan dan membantu orang lain hidup lebih lama [10].

14. Optimis

Selalu optimis adalah sifat umum orang sehat. Optimisme membantu seseorang mengatasi penyakit, menghindari penyakit mental dan pulih dari operasi. Menurut Harvard Medical School, optimisme terkait dengan fungsi kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia