Biar Tak Mudah Sakit, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pancaroba

Penderita flu - Istimewa
03 November 2019 15:57 WIB Novita Sari Simamora Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Jogja sudah mulai masuk masa pancaroba. Di tengah musim ini, kondisi kesehatan bisa mengalami penurunan dengan cepat seiring adanya perubahan cuaca.

Musim pancaroba adalah perubahan musim dari panas ke hujan atau dari hujan ke panas. Saat musim pancaroba, imunitas setiap orang bisa menurun dan mudah terserang virus.

Dokter umum Arya Wiranata mengungkapkan bahwa saat musim pancaroba, setiap orang harus meningkatkan imunitas dengan cara cukup minum air putih dan istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan bergizi.

"Saat pancaroba diperbolehkan minum vitamin, tetapi kalau sudah memakan makanan yang bergizi maka hal tersebut sudah cukup," ungkapnya, Rabu (30/10/2019).

Selama mengobati pasien, Arya kerap menemukan pasien yang kurang istirahat. Saat istirahat kurang, pasien lebih memilih mengonsumsi vitamin agar tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Arya memperbolehkan setiap orang memakan vitamin bila memiliki perkerjaan yang cukup banyak dan membuat tubuh letih.

Namun dia menyarankan supaya setiap orang tetap memiliki waktu tidur sekitar 7 jam dalam sehari. Selain itu, Arya menuturkan bahwa tidak ada gunanya mengonsumsi kapsul vitamin setiap hari tetapi tubuh kurang istirahat. Istirahat merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh.

Di sisi lain, Arya menyarankan kepada masyarakat untuk menyediakan paracetamol di rumah. Sebab gejala awal dari sakit adalah demam dan pusing.

Tips lain yang harus dilakukan masyarakat menghadapi musim pancaroba adalah berolahraga ringan. Olahraga ringan adalah jalan kaki atau lari kecil, dengan menyisihkan waktu tiga kali dalam seminggu.

Kasus lain yang sering terjadi yakni bila dalam satu kantor ada yang flu dan pilek, maka orang yang kurang istirahat akan memiliki penurunan sistem imun. Orang tersebut akan mudah tertular virus. Maka dia kepada orang sedang flu untuk menggunakan masker. Penggunaan masker akan meminimalisir penularan virus tersebut.

Flu sangat cepat menular di dalam kantor, sebab tidak ada ventilasi. Hal ini membuat virus hanya berada di ruangan tersebut dan menjangkit orang yang berada di ruangan tersebut. Biasanya, bila ada satu orang yang flu di dalam kantor maka orang tersebut bakal menulari orang-orang yang berada di ruangannya.

Sumber : Bisnis.com