Adaptasi, Keterampilan Pemimpin yang Paling Dicari

Ilustrasi - Tamilgoose
12 November 2019 15:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -Jika Anda merasa fleksibel dan mau belajar, menerima perubahan di tempat kerja secara positif, serta dapat mencoba hal-hal baru dan menangani alur kerja yang berbeda, Anda menunjukkan kemampuan beradaptasi. Adaptasi sendiri menjadi salah satu keterampilan kepemimpinan yang paling dicari.

Pemimpin yang dapat beradaptasi dengan perubahan termotivasi, tidak mudah putus asa, dan biasanya lebih kreatif daripada karyawan rata-rata. Kemampuan beradaptasi dalam manajer proyek, misalnya, mencerminkan kemampuan manajer untuk mengintegrasikan berbagai bagian proyek yang bergerak dan memberikan produk atau layanan yang berkualitas secara tepat waktu.

Kemampuan beradaptasi itu penting karena seiring berkembangnya teknologi baru, perusahaan yang didirikan dengan "cara lama" mungkin mengalami kesulitan untuk bersaing dengan pemain utama di industri mereka. Pengusaha mencari karyawan yang dapat menunjukkan keterampilan adaptasi yang kuat dan menjadi pemimpin perusahaan. Keterampilan ini diminati dan akan membantu Anda dipekerjakan.

Kemampuan beradaptasi di tempat kerja berarti mampu berubah untuk menjadi sukses. Kemampuan beradaptasi adalah keterampilan lunak yang dicari pengusaha ketika merekrut kandidat. Karyawan dalam peran kepemimpinan sering kali harus mengelola keadaan yang tidak biasa di mana tidak ada instruksi eksplisit. Mereka harus belajar bagaimana bersandar pada penilaian mereka sendiri dan memiliki kepercayaan diri untuk membuat keputusan yang sulit.

Jika Anda adalah orang yang belajar dengan cepat, itu karena Anda tahu cara beradaptasi. Anda dapat lebih mengembangkan keterampilan kemampuan beradaptasi Anda dengan mencoba hal-hal baru dan menantang kemampuan Anda untuk memecahkan masalah dalam berbagai keadaan.
Jenis Keterampilan Adaptasi

Sebagai soft skill, kemampuan beradaptasi membutuhkan sejumlah soft skill lain agar dapat diterapkan dengan sukses. Anda harus dapat belajar dengan cepat dan mempraktikkan pembelajaran itu. Selain itu, Anda harus dapat mengingat kembali apa yang Anda temukan, sehingga Anda dapat mengidentifikasi tren dan membuat keputusan yang sesuai.
Kemampuan untuk belajar

Orang dengan keterampilan adaptasi tidak pernah berkecil hati karena kegagalan. Bagi mereka, kegagalan hanyalah bagian dari pembelajaran. Para pemimpin ini selalu belajar dan mau mengambil risiko, selama itu berarti mereka dapat berkembang secara pribadi dan profesional. \

Keterampilan untuk memperkuat kemampuan beradaptasi Anda meliputi sebagai berikut ini seperti dikutip dari thebalancacareer.com:

Kegigihan

Orang yang beradaptasi dengan baik jarang merasakan tekanan untuk berhenti. Setiap tantangan mengasyikkan, dan tetap berdedikasi untuk pekerjaan mereka berarti mendorong bahkan ketika segala sesuatunya menjadi sulit. Demikian juga, mereka dapat tetap positif dan mendorong anggota tim mereka untuk tetap fokus selama masa-masa sulit. Keterampilan yang merupakan simbol kegigihan meliputi:

Akal

Seringkali tujuannya jelas, tetapi jalan menuju ke sana tidak. Cara "tradisional" dalam menjalankan bisnis mungkin tidak mungkin atau tidak efektif, karena mungkin tidak ada cukup dana atau staf. Di situlah adaptabilitas dapat menjadi aset. Orang yang dapat beradaptasi akan dapat menemukan sumber daya dan teknik baru yang belum dipertimbangkan oleh rekan kerja yang kurang dapat beradaptasi. Orang yang mudah beradaptasi akan menunjukkan akal dengan menunjukkan:

Keingintahuan

Jika Anda tahu bagaimana beradaptasi dengan baik untuk berbagai keadaan, maka "berbeda" tidak membuat Anda takut seperti biasanya bagi orang lain. Apa pun yang menonjol membuat Anda penasaran. Dan ketika Anda penasaran, Anda ingin menyelidikinya. Anda tidak takut dengan ide, saran, atau kritik yang membangun.

Sumber : Bisnis.com