Wuih, Helicity akan Luncurkan Ambulans Terbang Januari Tahun Depan

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja sedang menjelaskan tahapan proyek heliport di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Senin (15/4/2019). JIBI/Bisnis - Rio Sandy Pradana
20 November 2019 07:57 WIB Rio Sandy Pradana Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu layanan sewa helikopter dari Whitesky Aviation, Helicity, memiliki layanan heli khusus ambulans dan evakuasi (heli medivac) yang akan diluncurkan pada Januari 2020.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan komponen biaya layanan melibatkan dua aspek, yakni bisnis helikopter dan kesehatan. Kedua hal tersebut menjadi dasar pembentukan tarif layanan heli medivac

"Perbedaan layanan heli medivac dengan yang reguler adalah mempersyaratkan adanya respons cepat, sehingga akan berdampak signifikan terhadap tarif layanan. Tarif layanan sedang kami kaji agar dapat memenuhi service level yang optimal," katanya kepada Bisnis.com, Selasa (19/11/2019).

Dia menambahkan respons cepat tersebut membutuhkan kru helikopter dan petugas medis yang harus selalu siaga. Di sisi lain, perlu ada sejumlah peralatan yang harus dipersiapkan.

Denon mengakui layanan heli medivac tersebut belum setara dengan helikopter berbasis layanan kesehatan darurat (emergency medical service/EMS). Perbedaan secara jelas adalah interior heli EMS sudah lengkap layaknya standar ambulans.

Selain investasi yang mahal untuk penyediaan peralatan kesehatan dan pertolongan pertama untuk pasien, imbuhnya, helikopter EMS juga harus mendapatkan sertifikasi khusus dari Kemenhub.

Denon menjelaskan layanan heli medivac terpisah dari fasilitas rumah sakit. Jadi, layanan tersebut hanya merupakan alternatif tambahan yang ditawarkan pihak rumah sakit kepada pasien.

Sumber : bisnis.com