Advertisement

Wuih, Helicity akan Luncurkan Ambulans Terbang Januari Tahun Depan

Rio Sandy Pradana
Rabu, 20 November 2019 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wuih, Helicity akan Luncurkan Ambulans Terbang Januari Tahun Depan CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja sedang menjelaskan tahapan proyek heliport di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Senin (15/4/2019). JIBI/Bisnis - Rio Sandy Pradana

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu layanan sewa helikopter dari Whitesky Aviation, Helicity, memiliki layanan heli khusus ambulans dan evakuasi (heli medivac) yang akan diluncurkan pada Januari 2020.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan komponen biaya layanan melibatkan dua aspek, yakni bisnis helikopter dan kesehatan. Kedua hal tersebut menjadi dasar pembentukan tarif layanan heli medivac

Advertisement

"Perbedaan layanan heli medivac dengan yang reguler adalah mempersyaratkan adanya respons cepat, sehingga akan berdampak signifikan terhadap tarif layanan. Tarif layanan sedang kami kaji agar dapat memenuhi service level yang optimal," katanya kepada Bisnis.com, Selasa (19/11/2019).

Dia menambahkan respons cepat tersebut membutuhkan kru helikopter dan petugas medis yang harus selalu siaga. Di sisi lain, perlu ada sejumlah peralatan yang harus dipersiapkan.

Denon mengakui layanan heli medivac tersebut belum setara dengan helikopter berbasis layanan kesehatan darurat (emergency medical service/EMS). Perbedaan secara jelas adalah interior heli EMS sudah lengkap layaknya standar ambulans.

Selain investasi yang mahal untuk penyediaan peralatan kesehatan dan pertolongan pertama untuk pasien, imbuhnya, helikopter EMS juga harus mendapatkan sertifikasi khusus dari Kemenhub.

Denon menjelaskan layanan heli medivac terpisah dari fasilitas rumah sakit. Jadi, layanan tersebut hanya merupakan alternatif tambahan yang ditawarkan pihak rumah sakit kepada pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disnakertrans Bantul Segera Buka Posko Aduan THR

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

32 Proyek Strategis Bendungan hingga Tol Ditarget Selesai Tahun Ini

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement