Cara Menolong Teman yang Depresi

Ilustrasi - Antara
01 Desember 2019 20:47 WIB Novita Sari Simamora Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Depresi adalah penyakit mental umum yang terjadi pada masyarakat dan tidak boleh dianggap sebagai hal sepele. Seseorang yang mengalami depresi membutuhkan teman atau sahabat yang bisa dipercaya untuk menumpahkan keluh kesah.

Bila berbincang dengan teman yang depresi, dibutuhkan beberapa teknik dan trik khusus untuk menggangkat teman dari jurang depresi.

HR & Training Director The Golden Space Indonesia Bagia A. Saputra mengungkapkan bahwa teman yang sedang depresi tak perlu dipaksa untuk bercerita.

Berikut tips yang diberikan oleh Bagia untuk menghadapi teman yang mengalami depresi:

  1. Berikan perhatian kepada teman yang mengalami depresi dengan cara memberikan waktu lebih banyak kepadanya. Jangan pernah paksa orang tersebut untuk bercerita.
  2. Lakukan perbincangan yang lebih intens kepada teman yang sedang mengalami depresi. Perbincangan tak hanya soal masalah yang dimiliki, bisa juga tentang candaan dan kegiatan sehari-hari.
  3. Biasanya orang yang sedang depresi akan memilih teman dan sahabat untuk menceritakan masalah. Bila Anda menjadi salah satu temannya, dengarkanlah setiap kata demi kata, kalimat demi kalimat yang disampaikan yang bersangkutan.

Teman yang sedang mengalami depresi membutuhkan pendengar yang baik untuk menuangkan persoalan. Bagia menyarankan agar teman lain tak menghakimi orang-orang yang depresi.

Bila Anda sedang depresi dan belum bisa mempercayai teman atau sahabat-sahabat Anda untuk menceritakan masalah yang dihadapi, berikanlah waktu kepada diri Anda dan lakukan hal yang membuat Anda nyaman.

Agar terhindar dari depresi, jangan pernah merasa sendiri. Bila terhindar dari rasa kesepian, perasaan tersebut akan membantu pulih perlahan-lahan. ujar Bagia yang juga dikenal sebagi fasilitator meditasi bersertifikat itu.

Sales Director PT Akasha Mas Indonesia Silvia Basuki mengungkapkan meditasi dengan cara yang benar adalah solusi yang tepat untuk mencegah depresi.

Menurut Silvia tidak semua orang memiliki kemampuan mengontrol emosi, dan emosi yang kurang terkontrol bisa menimbulkan gangguan penyakit jiwa hingga fisik.

"Holistic healing seperti bermeditasi adalah solusi yang tepat," ungkap Silvia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia