Advertisement

Apakah Kanker Paru Menular?

Novita Sari Simamora
Senin, 02 Desember 2019 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Apakah Kanker Paru Menular? Ilustrasi kanker paru - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Stigma yang menyebut penyakit kanker paru bisa menular tidak benar.

Staf medik fungsional patologi anatomi RS Kanker Dharmais Evlina Suzanna Sinuraya mengatakan penyakit kanker tak menular. Meskipun seseorang bersentuhan dengan penderita kanker paru, penyakit tersebut tak akan menjangkiti orang terdekat. Menurutnya, stigma tersebut harus diluruskan di masyarakat.

Advertisement

Adapun sel kanker berasal dari satu sel yang berubah dan mengalami mutasi genetik. Sel tersebut lebih cepat membelah diri dibandingkan sel tubuh lainnya. Sel kanker susah mati dan tak bisa dibunuh oleh imun tubuh.

Dibutuhkan waktu lama untuk melihat sel kanker. Bila sel kanker agresif membelah diri dan hanya berada pada satu tempat saja, bisa dilihat dari benjolan yang muncul dari permukaan kulit dan tindakan bisa langsung dilakukan.

Akan tetapi ada juga sel kanker agresif dan masuk ke pembuluh darah lain. Sel kanker yang agresif ini bisa menyebar, seperti dari kanker payudara, paru bisa menyebar ke otak dan tulang.

“Stigma penyakit kanker menular harus dihilangkan, karena itu bukan penyakit menular. Apalagi ada stigma di masyarakat kalau penderita kanker adalah keluarga yang pernah berbuat jahat. Itu salah besar,” ungkapnya kepada Bisnis, Jumat.

Evelina mengungkapkan bahwa penyakit kanker berasal dari gen, gaya hidup dan pola konsumsi makanan yang salah atau junk food. Mutasi sel kanker bisa dihindari, dengan cara menjaga gaya hidup dan pola makan. Salah satunya, dengan tidak mengonsumsi rokok konvensional maupun rokok elektrik.

Kenapa dianjurkan tak merokok? Menurut Evelina paru-paru lebih lembut daripada kornea. Bila ada debu atau asap yang mengganggu mata, selaput mata akan berkedip dan juga memberikan air mata untuk mengeluarkan benda asing serta melindungi mata. Namun, hal tersebut tak terjadi pada paru-paru.

Benda yang masuk ke dalam paru-paru hanya disaring melalui hidung. Bila ada asap masuk, paru-paru akan bekerja lebih keras untuk menyaring udara, khususnya bagi perokok. Udara dari asap rokok yang dihirup berpotensi memicu mutasi sel yang menjadi penyakit kanker.

Evelina juga menyayangkan bila ada orang-orang yang mengisap rokok dan rokok elektrik dengan mengabaikan kesehatan paru. Begitu juga orang yang berada di sekitar asap rokok menjadi perokok pasif memiliki potensi mutasi sel yang memicu adanya penyakit kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Driver Pelaku Pemerasan Grab Car Ditangkap, Begini Kronologi Aksinya...

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement