Advertisement

Bawa Uang Saat Travelling, Ini Tips Aman Menyimpannya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 11 Desember 2019 - 14:47 WIB
Nina Atmasari
Bawa Uang Saat Travelling, Ini Tips Aman Menyimpannya Ilustrasi - Indiatourism

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat liburan, orang biasa membawa uang dalam jumlah banyak, karena kebutuhan dana keuangan umumnya akan lebih besar dari biasanya.

Membawa uang dalam jumlah besar juga harus dipertimbangkan segi keamanannya. Jangan sampai uang Anda hilang di tengah jalan, sehingga aktivitas liburan Anda terganggu dan sulit kembali pulang ke rumah karena kehabisan uang.

Advertisement

Berikut, ada 10 tips cerdas cara membawa uang yang aman saat liburan atau traveling seperti dikutip dari smarttraveler.com :

Bagi Uang

Jika memungkinkan, bagilah uang perjalanan Anda dan bahkan kartu kredit ke beberapa tempat yang aman. Jika Anda memiliki semua uang Anda di satu tempat, hanya perlu satu kali pencuri untuk mencuri uang Anda seluruhnya.

Jika memungkinkan, tinggalkan semua kartu dan uang tunai yang tidak akan Anda butuhkan segera di lokasi yang aman di hotel. Dan simpan uang Anda dalam tas yang berbeda, sehingga jika satu dompet dalam tas hilang, masih ada cadangan lain yang Anda miliki.

Pakai aksesori penyimpanan yang menempel pada tubuh

Pakailah tas atau dompet yang bisa dipasang menempel langsung pada tubuh Anda, seperti tas pinggang yang bisa dilekatkan pada tubuh dan kulit Anda.  Atau juga bisa digunakan pakaian dalam berkantong yang bisa aman menyimpan uang Anda jauh dari jangkauan pencuri.

Jangan menyimpang uang tunai terlalu besar

Usahakan jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Bawalah ATM atau kartu kredit yang lebih aman saat bepergian. Dan ambillah uang secukupnya di mesin atm sesuai kebutuhan. Selebihnya gunakan cashless.

Bawa Tas Anti-Pencurian

Saat ini, sudah banyak tas yang dirancang anti pencurian. Cara ini, bisa menjadi salah satu alternatif dari keamanan uang Anda selama traveling. Tas anti pencurian ini bisa mengalihkan pencuri sulit menjangkau uang atau dompet Anda yang disimpan dalam tas.

Gunakan Dompet Dummy atau dompet khusus traveling

Jika Anda bepergian di tempat yang dikenal dengan pencopet atau perampokan, pertimbangkan untuk membeli dompet murah  untuk digunakan sebagai umpan yang dapat Anda simpan di saku atau tas. Dengan cara ini pencuri hanya akan mencuri dompet tipuan Anda tersebut dan tidak sempat mengambil yang asli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : smarttraveler

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Kemlu Tanggapi Anggota Komite HAM PBB Terkait Netralitas Jokowi dalam Pemilu 2024

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement