Advertisement

Bekerja Selama Liburan, Kenapa Tidak? Ini 5 Tips Mudah Melakukannya

Reni Lestari
Kamis, 12 Desember 2019 - 21:47 WIB
Nina Atmasari
Bekerja Selama Liburan, Kenapa Tidak? Ini 5 Tips Mudah Melakukannya Ilustrasi - Wisegeek

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Merasa paling tidak beruntung dan terjebak ketika harus bekerja selama liburan? Memang menyedihkan ketika terjebak di kantor atau dibebani dengan pergantian jadwal kerja yang panjang sementara teman dan keluarga Anda menikmati liburan atau hari raya.

Namun jika Anda merasa tidak mungkin menghindar dari keadaan tersebut, kelima tips sederhana dari JobStreet.com ini setidaknya akan membuat pekerjaan selama liburan lebih mudah dilakukan.

1. Perjelas prioritas pekerjaan Anda

Advertisement

Pada saat mengetahui bahwa Anda harus bekerja selama liburan, tanyakan pada atasan apa prioritas bisnisnya untuk hari-hari tersebut. Jadwalkan terlebih dahulu sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin lebih awal. Buat kesepakatan dengan atasan untuk mengondisikan jam kerja Anda pada hari-hari tertentu sehingga Anda tidak perlu bekerja seharian atau bergantian.

2. Berikan alternatif

Tanyakan atasan apakah Anda bisa membagi shift dengan rekan lain atau bekerja dari rumah untuk membuatnya lebih mudah. Anda juga bisa mencapai kesepakatan dengan atasan sehingga tidak perlu bekerja selama liburan besar berikutnya, dan bahkan bernegosiasi untuk mengganti hari libur bertepatan dengan liburan besar berikutnya. Itulah keadilan.

3. Rayakan terlebih dahulu atau sesudahnya

Anda tidak harus merayakannya pada hari H. Mintalah teman dan anggota keluarga Anda untuk membuat pengecualian dan rayakan sebelum atau segera setelahnya. Dengan cara ini, Anda tidak akan benar-benar ditinggalkan.

4. Jauhi media sosial

Anda mungkin tergoda untuk mencari tahu keadaan teman dan anggota keluarga saat terjebak di tempat kerja, tapi itu hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk, belum lagi mengalihkan perhatian dari hal-hal yang seharusnya Anda lakukan. Jangan siksa diri Anda. Singkirkan saja media sosial saat bekerja selama liburan. Tidak ada gunanya menjadi lebih malang lagi daripada kondisi Anda saat ini.

5. Manjakan diri Anda setelah bekerja

Beri diri Anda sesuatu yang ditunggu-tunggu, jadi bekerja selama liburan tidak begitu suram. Mungkin dengan membeli jaket indah yang telah Anda inginkan sejak lama, atau memesan perawatan spa yang merelaksasi, atau menikmati makanan mewah dengan orang yang Anda cintai. Apa pun itu, pastikan itu sesuatu yang cukup istimewa untuk menjaga semangat Anda!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement