Advertisement

Ini Tips Bepergian Bersama Teman

Dionisio Damara
Minggu, 15 Desember 2019 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Tips Bepergian Bersama Teman Ilustrasi - Rkbowlby

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu cara untuk melepaskan penat setelah seminggu bekerja adalah dengan bepergian dengan teman. Cara ini juga bisa membentuk koneksi mendalam dan membuat kenangan yang akan bertahan seumur hidup. 

Namun, perjalanan kelompok juga dapat menyebabkan konflik, terutama jika para pelancong memiliki pertimbangan anggaran yang berbeda.

Advertisement

Ada beberapa cara untuk meredakan ketegangan tentang keuangan sebelum dan selama perjalanan.  Dilansir Huffpost, Sabtu (14/12/2019), sejumlah blogger membagikan kiat untuk melakukan perjalanan dengan teman yang memiliki anggaran berbeda.

Komunikasikan tentang anggaran Anda sebelumnya.

Collette Stohler, pembawa acara televisi dan blogger perjalanan di Roamaroo mengatakan bahwa ketika bepergian dengan teman-teman yang memiliki anggaran berbeda, komunikasi adalah kunci. 

"Sebelum memulai perjalanan, bicarakan tentang anggaran, tujuan, dan ide Anda masing-masing untuk perjalanan tersebut. Melakukan percakapan lebih awal akan mengurangi kemungkinan argumen dan ketidaknyamanan emosional dalam perjalanan sambil juga mengatur perjalanan Anda untuk sukses," ujarnya.

Diskusikan prioritas perjalanan.

Marek Bron, blogger perjalanan di Indi Traveller, menyampaikan bahwa mendiskusikan kegiatan perjalanan sebelum bepergian adalah langkah tepat.

Dengan demikian, mereka yang memiliki anggaran lebih sedikit tidak mendapatkan kejutan yang tidak terduga, sedangkan mereka yang memiliki anggaran lebih dapat melakukan kegiatan secara terpisah jika itu termasuk dalam daftar keinginan mereka.

Sementara Briona Lamback, blogger perjalanan dan pendiri agen perjalanan You Me Travel Co mengatakan bahwa sangat penting untuk berdiskusi tentang apa yang semua orang inginkan dari perjalanan. 

"Mengetahui jenis kegiatan atau tur mana yang penting bagi grup akan memastikan bahwa semua orang ada di halaman yang sama sejak awal," ujarnya.

Manfaatkan kegiatan gratis.

“Rencanakan beberapa kegiatan yang murah atau gratis. Misalnya, ikuti tur jalan kaki keliling kota atau tur jalan kaki berbasis sumbangan. Gunakan transportasi umum di sekitar atau berjalanlah alih-alih mengandalkan taksi," kata Audret Scott, ahli strategi pengembangan pariwisata dan salah satu pendiri Uncornered Market.

Jangan membagi tagihan secara merata

“Jika Anda bepergian dengan grup di mana setiap orang memiliki anggaran yang berbeda, jangan takut untuk tidak membagi tagihan secara merata," ujar Victoria Yore, travel blogger di Follow Me Away.

Yore melanjutkan, semisal, jika ada satu orang ingin mendapatkan salad dan satu orang ingin makan lobster yang mahal, hal ini tidak boleh dibagi 50/50. Untuk mempermudah, mintalah setiap orang mengambil tagihan mereka sendiri. 

"Jika Anda melakukan perjalanan atau berbelanja bahan makanan untuk perjalanan Anda, biarkan semua orang mengambil bahan makanan yang mereka mampu. Ini membuat semuanya adil dan merata," ucapnya.

Atur pengeluaran Anda.

“Gunakan Splitwise atau aplikasi serupa untuk membagi biaya. Aplikasi ini dengan mudah memungkinkan Anda memasukkan jumlah dan melihat siapa yang membayar untuk apa, serta membuat total berjalan secara real time. Anda juga dapat membagi tagihan secara adil tergantung keputusan yang diambil secara adil," kata La Carmina, blogger perjalanan dan pembawa acara televisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Huffpost/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement