Kesulitan Belajar Matematika? Yuk, Pakai Aplikasi Ini!

Microsoft Math Solver - repro
15 Desember 2019 11:37 WIB Gombang Nan Cengka Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang ditakuti sebagian orang. Namun, di era teknologi ini, ada aplikasi yang membantu manusia untuk mempelajari matematika, yaitu aplikasi ponsel seperti Microsoft Math Solver.

Microsoft Math Solver dapat menolong Anda memecahkan berbagai jenis masalah matematika yang Anda temui, baik di sekolah maupun di pekerjaan.

Aplikasi ini bisa memecahkan soal seperti menyederhanakan pecahan, menyelesaikan berbagai jenis masalah aljabar, trigonometri, kalkulus diferensial dan integral, serta persamaan matriks.

Aplikasi ini tersedia gratis dari Google Play. Tidak seperti beberapa aplikasi Microsoft lainnya, tidak perlu membuat akun baru di sini. Anda dapat langsung menggunakan Math Solver untuk menyelesaikan soal.

Ada tiga cara untuk memberi masukan soal ke dalam Math Solver. Pertama (yang mungkin paling mudah) adalah menggunakan fungsi pemindaian. Anda dapat mengarahkan kamera ke kertas atau layar yang mencantumkan soal matematika, dan Math Solver akan menggunakan teknologi pengenalan karakter untuk memindainya.

Selain memindai soal, Anda juga dapat memasukkan soal dengan mengetikkannya atau menuliskannya di layar ponsel. Metode terakhir ini menggunakan teknologi pengenalan tulisan tangan.

Setelah Math Solver mengenali soal yang hendak Anda pecahkan, aplikasi ini akan mencoba mencari solusinya. Tidak semua soal memiliki solusi.

Sebagai contoh, integral fungsi yang Anda tuliskan mungkin tidak ada. Bila pemecahannya ada, Math Solver akan menampilkannya, lengkap dengan langkah-langkah penyelesaiannya. Dengan demikian, kita tidak hanya menerima hasil jadi, tetapi juga memahami proses pemecahan soal tersebut.

Bila dimungkinkan, Math Solver juga akan menampilkan visualisasi suatu soal. Sebagai contoh, Math Solver tidak hanya akan menampilkan akar suatu persamaan kuadrat, tetapi juga menampilkan grafiknya.

Untuk memahami masalah matematika tersebut lebih lanjut, Math Solver juga akan menampilkan video tutorial dari YouTube tentang topik terkait.

Sebagai contoh, bila Anda memasukkan soal kalkulus integral, aplikasi ini akan menampilkan berbagai video YouTube tentang integral. Bila langkah-langkah solusi, grafik, dan video yang diberikan oleh Math Solver belum cukup, Anda bisa menelusuri hasil pencarian Bing terkait.

Semua soal matematika yang pernah Anda masukkan ke Math Solver akan dicatat oleh aplikasi ini. Kita bisa meninjaunya lagi di menu History. Ini berguna bila Anda ingin mempelajari lagi soal tersebut.

Kita juga bisa menyimpan soal-soal yang dianggap penting dalam markah buku (bookmark). Ini memudahkan bila Anda sudah memanfaatkan Math Solver buat memecahkan banyak soal, sehingga terlalu susah untuk mencari soal terdahulu di menu History.

Math Solver memanfaatkan koneksi internet untuk dapat berfungsi penuh. Bila ada gangguan koneksi atau sinyal, aplikasi ini mungkin tidak akan dapat mengenali atau memecahkan soal yang Anda masukkan. Ini perlu diingat bila Anda bermaksud menggunakan aplikasi ini di sekolah atau pekerjaan.

Sumber : bisnis.com