Advertisement

Ini Tips Mencegah Penyakit Selama Liburan

Ria Theresia Situmorang
Senin, 23 Desember 2019 - 18:17 WIB
Nina Atmasari
Ini Tips Mencegah Penyakit Selama Liburan Ilustrasi - Msutoday

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Akhir tahun bertepatan dengan musim libur natal dan tahun baru. Banyak orang akan memilih melakukan perjalanan baik ke dalam dan luar negeri.

Namun sayangnya, dengan cuaca ekstrem seperti ini, sakit saat musim liburan adalah hal yang lumrah terjadi.

Advertisement

Untuk menghindari penyakit yang umumnya datang, dikutip dari CTV News, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan pedoman selama momen menjelang pergantian tahun seperti ini, demi menjaga tubuh Anda tetap fit dan bugar. Berikut di antaranya;

Menjaga kesehatan

Melissa Lem, dokter keluarga yang berdomisili di Vancouver, Kanada menyebut satu hal yang perlu dijaga pada musim liburan ini adalah menjaga diri Anda sendiri.

Banyak orang yang akan sibuk menata rumah, dan bersiap untuk bepergian tapi lupa untuk menjaga kesehatan seperti tidur yang cukup, memperhatikan makanan dan tetap berolahraga.

 Siapkan obat-obatan yang diperlukan

Jika nantinya akan berpergian, Anda diwajibkan untuk membawa obat-obatan yang diperlukan seperti antihistamine jika Anda mengidap alergi tertentu, hingga obat flu dan demam.

Hand sanitizer hingga tisu basah juga perlu untuk dibawa jika kemungkinan saat libur Anda tidak memungkinkan mendapatkan sanitasi yang tepat.

 Rajin cuci tangan

Biasakan untuk rajin mencuci tangan baik sebelum dan setelah makan, hingga setelah menyentuh pegangan kursi pesawat, kapal, bus atau mobil yang Anda pakai untuk bepergian.

Penting menjaga tangan tetap bersih karena bakteri, virus dan kuman umumnya masuk ke dalam tubuh dan menjadi penyakit hanya dengan kontanya dengan tangan. Jika Anda merasa tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, maka sediakan hand sanitizer dalam perjalanan Anda.

 Menggunakan asuransi perjalanan

Jika Anda bepergian ke luar negeri, pastikan menggunakan asuransi perjalanan untuk mengantisipasi penyakit yang mungkin akan menyerang Anda dalam masa perjalanan di tempat asing.

Pastikan Anda memilih asuransi perjalanan yang tepat, menyiapkan data dan alamat Kedutaaan Besar tempat Anda akan melancong, demi menghindari masalah keuangan yang mungkin akan menghampiri jika Anda tidak siap sedia dengan kemungkinan terburuk dari kondisi kesehatan Anda dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Padat Karya, Pemkab Bantul Sediakan Bantuan Keuangan Khusus Rp32 Miliar

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement