Sepele, tapi Cara Ini Bikin Hubungan Anda dengan Pasangan Lebih Bahagia di 2020

Ilustrasi simbol cinta - Reuters
04 Januari 2020 03:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Tak perlu muluk-muluk untuk menjadikan sebuah hubungan lebih bahagia. Anda atu tidak perlu melakukan perubahan besar dalam hubungan dengan pasangan. Hanya dengan menetapkan satu atau dua tujuan yang sederhana dan terdefinisi dengan baik, Anda bisa membuat hubungan lebih bahagia.

Nah, berikut adalah langkah kecil yang dapat dilakukan pasangan secara teratur untuk membuat hubungan mereka jauh lebih bahagia di 2020 ini, seperti yang dilansir HuffPost.

1. Beri batasan pada penggunaan ponsel

Screen time atau waktu layar yang ditentukan sebenarnya tidak hanya berlaku untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Menurut Kurt Smith, terapis hubungan yang berbasis di Roseville, California, salah satu keluhan terbesar para kliennya adalah penggunaan ponsel yang terus-menerus oleh pasangannya. Tahun ini, sebaiknya Anda berkomitmen untuk lepas dari ponsel dalam jangka waktu tertentu setiap hari, apakah itu sebelum sarapan pagi atau satu jam sebelum tidur malam.

“Buat resolusi bersama, bukan hanya satu orang, untuk menetapkan batasan waktu pada media sosial dan penggunaan ponsel ketika Anda bersama. Tantang diri Anda untuk membuat daftar hal-hal alternatif yang menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama, alih-alih perilaku terisolasi yang dilakukan oleh ponsel masing-masing," kata Smith, yang berspesialisasi dalam menasihati lelaki.

2. Tentukan waktu setiap hari untuk terhubung dengan pasangan Anda

Seperti halnya Anda menempatkan janji temu dokter dan rapat kerja di kalender Anda, Anda juga harus memiliki agenda tetap dalam hal meluangkan waktu untuk pasangan. Anda dapat menggunakan waktu 45 menit yang biasanya Anda habiskan untuk melihat media sosial, untuk bercengkrama dengan pasangan.

"Sesuatu yang sederhana seperti mencoba resep baru atau memainkan permainan sederhana dapat menumbuhkan konektivitas, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan meningkatkan kepuasan hubungan," kata terapis yang berbasis di Chicago, Anna Poss.

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, matikan gangguan dan selaraskan pikiran satu sama lain. "Waktu sadar harus memprioritaskan perilaku ikatan seperti kontak mata, sentuhan, dan komunikasi. Pertahankan obrolan ringan yang berfokus pada rasa terima kasih, apa yang telah memicu kegembiraan dalam hari Anda, atau hal-hal yang Anda nantikan di minggu ini," kata psikolog Los Angeles sekaligus terapis seks Shannon Chavez.

3. Berkomitmen untuk melakukan sesuatu yang spontan bersama sebulan sekali

Untuk pasangan jangka panjang, agar hubungan tidak terasa monoton, Smith merekomendasikan untuk memikirkan kembali hal-hal yang menyenangkan yang kerap dilakukan bersama pada masa-masa awal hubungan.

“Istri saya dan saya pernah melompat ke dalam mobil pada jam 10 malam dan melaju 90 menit melalui salju ke Danau Tahoe. Kami duduk di restoran selama beberapa jam dan kemudian kembali. Bangun keesokan harinya dan pergi bekerja," kata Smith.

Seiring bertambahnya tanggung jawab Anda, misalnya mengasuh anak, membayar tagihan, pekerjaan, mungkin lebih sulit untuk melakukan petualangan besar seperti itu. Tetapi berkomitmen untuk membumbui berbagai hal dengan cara-cara kecil masih bisa membantu menjaga percikan asmara tetap hidup. Anda mungkin bisa membeli tiket konser malam hari, pertunjukan, atau berjalan-jalan.

4. Buat kencan seks mingguan dengan pasangan

Ketika kehidupan berjalan sangat sibuk, seks sering menjadi hal yang dipinggirkan. Jadwalkan hubungan seks dan pastikan ini akan benar-benar terjadi. Hal ini bisa berarti banyak untuk Anda. Mendedikasikan waktu untuk koneksi fisik membuat Anda menuai manfaat dari hal ini, seperti meningkatkan keintiman dalam hubungan, serta mengurangi kecemasan dan membuat hubungan menjadi lebih kuat juga.

"Lepaskan tujuan seputar seks dan tentukan niat saat di mana Anda bisa memberi dan menerima kesenangan bersama pasangan. Melakukan kencan seks secara teratur dapat menghilangkan tekanan yang tengah dirasakan oleh Anda dan pasangan," kata Chavez.

5. Jadwalkan pembicaraan uang bulanan

Menurut survei Money Magazine 2014, 70 persen pasangan menikah berdebat tentang uang, menjadikannya sumber konflik yang lebih umum daripada topik-topik lain yang penuh masalah, seperti pekerjaan rumah tangga atau seks. Terlalu sering, pasangan akan menunda pembicaraan ini terlalu lama atau mereka menghindari mendiskusikan keuangan sama sekali.

"Setelah beberapa bulan menghabiskan waktu liburan, Januari selalu dipenuhi dengan ketakutan ketika tagihan kartu kredit jatuh tempo. Untuk itu, buatlah komitmen sekali atau dua kali sebulan duduk selama 15 menit dan bicarakan kehidupan finansial Anda bersama. Lakukan ini secara proaktif daripada reaktif, dan hubungan Anda pasti akan lebih baik untuk itu," jelas Smith.

6. Berlatihlah bersyukur setiap hari

Rasa terima kasih sangat kuat dan konsisten terkait dengan kebahagiaan yang lebih besar. Dan manfaat dari praktik syukur dapat secara positif memengaruhi segala sesuatu, mulai dari kesehatan fisik dan mental Anda sendiri hingga hubungan Anda.

"Buatlah resolusi sebagai pasangan untuk mengungkapkan rasa terima kasih Anda lebih sering dan dengan cara yang bermakna. Menjadi lebih sadar akan hal-hal yang dilakukan pasangan Anda bisa membantu Anda dan hubungan Anda berkembang," ujar Poss.

Sumber : HuffPost/Suara.com