Kanker Getah Bening Jadi Penyebab Ria Irawan Meninggal Dunia. Kenali Penyakitnya!

Aktris Ria Irawan dirawat di RSCM karena sakit kanker getah bening / Instagram riairawan
06 Januari 2020 12:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Aktris senior Ria Irawan meninggal dunia akibat mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening, Senin (6/1/2020) dini hari.

Kabar ini pun dibenarkan oleh sang suami, Mayky Wongkar, yang mengatakan istrinya meninggal di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

"Iya [Ria Irawan meninggal] barusan. Memang sudah kritis," tutur Mayky melaui sambungan telepon.

Diketahui, sejak Agustus 2019 lalu Ria Irawan menjalani perawatan di rumah sakit lantaran kanker kelenjar getah bening yang diidapnya pada 2014 lalu kembali tumbuh.

Kanker getah bening merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik, bagian tubuh yang bertugas membangun sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Berdasarkan Hello Sehat, tanda dari penyakit yang juga disebut sebagai limfoma maligna ini adanya benjolan yang tidak terasa sakit, cenderung membesar dan menetap.

Umumnya pertumbuhan ini dibarengi dengan demam menggigil, nafsu makan dan berat badan menurun, sering mengalami infeksi yang sulit sembuh dan gejala lainnya.

Sebenarnya ciri-ciri kanker kelenjar getah bening bisa berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Ada dua jenis kanker getah bening, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin.

Jenis limfoma non-Hodgkin adalah yang paling umum dan biasanya berkembang dari limfosit B dan T (sel) di kelenjar getah bening atau jaringan seluruh tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, pertumbuhan tumor pada limfoma non-Hodgkin mungkin tidak memengaruhi setiap kelenjar getah bening, seringkali melompati sebagian dan tumbuh pada yang lain.

Sedangkan limfoma Hodgkin merupakan kanker sistem kekebalan tubuh, dan umumnya kanker akan bergerak dari satu kelenjar getah bening ke kelenjar lain yang berdekatan.

Sumber : Suara.com