Advertisement

Studi: Berkunjung ke Museum atau Galeri Seni Bisa Bikin Umur Panjang

Newswire
Kamis, 09 Januari 2020 - 05:27 WIB
Nina Atmasari
Studi: Berkunjung ke Museum atau Galeri Seni Bisa Bikin Umur Panjang Salah satu komik yang dipamerkan di Yogyakarta Komik Weeks 2019 di Museum Sonobudoyo, Selasa (8/10/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Museum bisa menjadi salah satu tujuan wisata selain sebagai tempat belajar. Studi terbaru membuktikan, berkunjung ke museum dan galeri bisa bikin umur lebih panjang.

Studi baru itu diungkap profesor psikologi dan epidemiologi asal Inggris, Daisy Fancourt dan Andrew Steptoe, dalam penelitian berjudul hubungan antara seni dan umur manusia di Inggris, yang dikeluarkan bulan Desember 2019 lalu di situs jurnal medis BMJ.

Advertisement

Dilihat detikcom dari jurnalnya, studi tersebut menjelaskan bahwa seni tak hanya dapat dinikmati melainkan bisa membuat panjang umur. Untuk menemukan kesimpulan tersebut, sang profesor bertanya ke sejumlah orang berumur 50 tahun ke atas perihal partisipasi mereka dalam kegiatan seni seperti kunjungan ke galeri dan museum dalam rentang 14 tahun.

Hasilnya, orang-orang yang rutin berinteraksi dengan kegiatan seni minimal sekali dalam beberapa bulan memiliki resiko 31% lebih rendah untuk meninggal selama periode 14 tahun tersebut. Sedangkan orang yang berinteraksi dengan kegiatan seni sekali atau dua kali dalam setahun memiliki resiko 14% lebih rendah untuk meninggal ketimbang yang tak melakukannya.

Faktor-faktor yang masuk di dalam studi tersebut merupakan hasil dari demografi, sosioekonomi, kesehatan, perilaku, dan faktor sosial.

"Penjelasan ini mungkin dijelaskan oleh perbedaan kognitif, kesehatan mental dan aktivitas fisik di antara orang yang terlibat dan tak terlibat dalam kegiatan seni, tapi penilaian itu juga didasarkan pada faktor tersebut," bunyi kesimpulan study tersebut.

Lebih lanjut, profesor Daisy Fancourt dalam videonya turut menjelaskan peran seni dalam perawatan medis.

"Cara lain melihatnya, apabila seni menolong orang untuk mengurangi resiko seperti penyakit mental atau fisik, atau mereka membantu mempromosikan kesehatan mental atau manajemen kesehatan, hal ini mungkin juga punya hubungan dengan rentang umur manusia," tutup Daisy seperti diberitakan media USA Today.

Usia memang misteri dan tak bisa ditebak manusia. Tapi paparan studi ini bisa jadi kabar baik bagi traveler pecinta seni dan sejarah. Mungkin sudah waktunya traveler lebih sering berkunjung ke museum atau mengapresiasi karya seni di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Anak Bendahara Umum DPP PAN Akhirnya Resmi Maju Lagi di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement