Kamu yang Mana? Mahasiswa Kupu-Kupu, Kuda-Kuda, atau ...

Kegiatan mahasiswa - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
22 Januari 2020 14:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Tidak ada salahnya jika mahasiswa memiliki kegiatan di luar kegiatan akademiknya. Meski tak dimungkiri jika kuliah pada hakikatnya adalah menuntut ilmu, memperluas relasi, dan mengembangkan diri.

Saat memasuki dunia kuliah, kamu pasti tidak asing mendengar tentang berbagai tipikal mahasiswa. Jenis ini dicirikan dari perilakunya meliputi kegiatan dan cara bersosialisasinya di kampus.

Melansir buku ‘Sukses Sebelum Wisuda’ karya Robi Afrizan Saputra, berikut Okezone rangkum tipikal mahasiswa yang ada di lingkungan kampus.

1. Mahasiswa Kupu-kupu

Pastinya tidak asing mendengar tipikal mahasiswa yang satu ini kan? Kupu-kupu adalah singkatan dari kuliah pulang-kuliah pulang.

Mahasiswa tipikal ini biasanya minim pengalaman dan sulit berkembang. Mereka yang kupu-kupu menghabiskan waktu selesai perkuliahannya di kosan dengan bermain gadget atau game.

2. Mahasiswa Kura-Kura

Kura-kura merupakan singkatan dari kuliah rapat-kuliah rapat. Mahasiswa tipikal ini biasanya enggan untuk diajak berkumpul atau main ke mal dengan temannya, alasannya mereka telah memiliki agenda rapat.

Tipikal mahasiswa ini memanfaatkan momentum kuliahnya untuk memperluas relasi dan mendapatkan jejaring pertemanan sebanyak-banyaknya. Mahasiswa jenis ini umumnya tidak akan membiarkan waktu kuliahnya berlalu begitu saja tanpa memiliki banyak teman.

Mereka memiliki prinsip: semakin banyak ikut organisasi, maka akan semakin luas relasi. Dengan relasi yang banyak, mereka percaya akan mempermudah jalannya menghadapi dunia pasca kampus nantinya.

3. Mahasiswa Kunang-Kunang

Tipikal yang ketiga ini adalah mahasiswa yang gemar nongkrong atau nangkring-nangkring setelah kuliah selesai. Biasanya tujuan mereka nongkrong tidak memiliki kejelasan. Hanya sekadar menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Sebagai mahasiswa yang bijaksana, seharusnya kamu sudah bisa membedakan mana kegiatan yang cuma menghabiskan waktu dengan sia-sia dan mana kegiatan yang benar-benar bermanfaat.

4. Mahasiswa Kutu-kutu

Mahasiswa tipikal ini adalah mahasiswa yang suka jalan-jalan. Kutu-kutu merupakan singkatan dari kuliah touring-kuliah touring.

Saking gemarnya touring, tidak jarang mereka melupakan pentingnya kuliah. Tentunya, kuliah harus lebih didahulukan.

5. Mahasiswa Kuda-kuda

Tipe mahasiswa ini menyukai hal-hal berbau dagang-berdagang. Kuda-kuda adalah singkatan dari kuliah dagang-kuliah dagang.

Bukan negatif memang, karena mereka yang bertipe seperti ini sudah mulai mengasah kemampuan dirinya sejak dini dalam berbisnis atau berdagang. Dengan mulai berjualan atau berdagang dari sekarang, berarti kamu sedang melatih mental untuk siap berjuang.

Sumber : Okezone.com