Advertisement

Benarkah Kelelawar Biang Keladi Virus Corona?

Renat Sofie Andriani
Selasa, 04 Februari 2020 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Benarkah Kelelawar Biang Keladi Virus Corona? Pasar tradisional di Tomohon menyediakan kuliner ekstrem - Tripadvisor

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Di China, mungkin ada gua yang menyimpan asal-usul misterius virus corona (coronavirus) jenis baru.  Virus ini yang dianggap sudah merenggut ratusan nyawa dan mendatangkan keresahan di pasar keuangan global akhir-akhir ini.

Peter Daszak, seorang ahli ekologi penyakit di EcoHealth Alliance, bisa jadi tahu soal hal ini. Ia dan timnya telah berkelana ke gua-gua di China dan seluruh dunia untuk mencari kelelawar dan patogen yang dihantarkan hewan ini.

Advertisement

“Kami masuk ke dalam gua-gua. Kami tidak hanya berjalan masuk. Kami mengenakan pelindung seluruh tubuh: masker pernapasan, sarung tangan, dan semua peralatan yang tepat,” ungkap Daszak, seperti dilansir Bloomberg.

Apa yang Daszak dan ilmuwan lain di seluruh dunia simpulkan adalah bahwa cepatnya penyebaran pemukiman manusia di daerah yang dulu terpencil telah membuat manusia semakin dekat dengan hewan-hewan pembawa virus.

Lebih banyak manusia yang bertemu dengan lebih banyak hewan pembawa penyakit adalah suatu 'wadah' peleburan virus yang sempurna.

“Seiring dengan meningkatnya populasi manusia, jumlah peristiwa tersebut meningkat secara eksponensial. Ini adalah produk langsung dari aktivitas manusia. Dan ini adalah perhitungan matematika yang sederhana bahwa akan ada lebih banyak wabah seperti virus corona baru di masa depan,” terangnya.

Total korban jiwa akibat wabah virus corona telah mencapai setidaknya 425 orang di China dan belasan ribu yang terinfeksi hingga 3 Februari 2020 sejak pertama kali dilaporkan pada Desember 2019.

Sejumlah pakar penyakit bahkan memproyeksikan ada kemungkinan 75.000 atau lebih kasus aktual akibat wabah virus ini, karena kemungkinan minimnya penghitungan yang akurat dari daerah-daerah tertentu di China.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS memperkirakan bahwa tiga dari setiap empat penyakit menular yang muncul pada manusia pertama kali berasal dari hewan.

Sementara itu, kelelawar mengandung proporsi tertinggi dari virus mamalia yang cenderung menginfeksi manusia, menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh Daszak dalam jurnal ilmiah Nature.

“Saya memiliki keyakinan 90 persen bahwa itu adalah virus yang ditularkan kelelawar,” ujar Linfa Wang, yang mengepalai program penyakit menular di Duke-National University of Singapore Medical School.

Wang telah mempelajari asal-usul kelelawar atas virus manusia selama beberapa dekade.

Salah satu koleganya di Institut Virologi Wuhan menemukan bahwa virus corona jenis baru lebih dari 96 persen identik secara genetis dengan virus kelelawar dari provinsi Yunnan di China selatan, menurut laporan yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada Senin (3/2/2020).

Studi tersebut menemukan bahwa virus corona baru ini masih kerabat dengan virus penyebab SARS. SARS, atau Sindrom Pernapasan Akut Parah, disebabkan oleh virus corona lain yang menewaskan lebih dari 800 orang di seluruh dunia pada 2003-2004.

Virus corona jenis baru juga membajak reseptor yang sama pada sel-sel paru-paru yang digunakan virus penyebab SARS untuk menembus sel-sel jauh di dalam paru-paru.

Persisnya bagaimana virus corona jenis baru itu telah melanda China dengan membuat lompatan dari hewan ke manusia tetap menjadi misteri.

Namun, para ilmuwan mengatakan hal ini terkait erat dengan ekspansi di perkotaan yang tak terkontrol dan pasar dengan udara yang terbuka di China.

"Hewan-hewan ini hidup,” ujar Christian Walzer, direktur eksekutif untuk kesehatan di Wildlife Conservation Society.

"Anda akan melihat seekor burung di atas babi lokal, dan Anda mungkin juga melihat ular dan kelelawar, semuanya ditumpuk bersama-sama di dalam kandang berkawat. Cairan dan sekresi yang sarat virus dapat bercampur, membantu menciptakan virus baru, terutama ketika hewan disembelih tepat di depan pelanggan,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement