Ini Dia, 5 Tempat Idaman di Dunia untuk Pensiun

04 Februari 2020 15:27 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pensiun adalah momen yang dinantikan bagi para pekerj. Sebab, pada itulah ia bisa terlepas dari tanggung jawab dan pekerjaan hariannya. Inilah momen untuk menikmati kehidupan di masa tua tanpa lagi memikirkan pekerjaan.

Biasanya, orang juga memilih berpindah ke wilayah yang lebih sepi untuk menikmati masa pensiunnya. Menjauh dari hiruk pikuk perkotaan yang dihadapi selama masih bekerja.

Tetapi, memilih tempat tinggal pascapensiun bukanlah hal mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti pajak dan kualitas perawatan kesehatan, ketika memutuskan tempat pensiun. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan cuaca yang ramah untuk Anda, mungkin bisa memilih cuaca dingin di luar negeri.

Indeks Pensiun Global Tahunan Hidup Internasional untuk 2020 memeringkat negara berdasarkan faktor-faktor seperti curah hujan, suhu rata-rata dan tingkat kelembaban menjadi tempat pilihan orang untuk menghabiskan masa pensiunnya.

Selain hanya menjadi lebih menyenangkan, iklim yang ringan "dapat menjadi tempat di mana biaya pendinginan dan pemanasan rendah hingga tidak ada, yang dapat memiliki efek positif besar pada anggaran bulanan dan laba bersih," kata Dan Prescher, seorang senior editor untuk Kehidupan Internasional.

Berikut adalah lima tempat teratas InternationLiving.com untuk pensiun bagi iklim terbaik dunia dan berapa biaya Anda untuk tinggal di sana.

Portugal

Di Portugal, cuaca cenderung berangin, dan cerah di musim panas, dengan ketinggian siang hari mencapai 80ºF ke atas.

Tetapi jika Anda membenci hujan, pergilah ke selatan negara tersebut yang hanya hanya mendapatkan curah hujan 35 inci per tahun dibandingkan dengan 49 inci Porto.

Atau Anda juga bisa memilih pegunungan Serra de Estrella di wilayah tengah untuk melihat salju dan ski.

Perkiraan biaya bulanan untuk pasangan yang tinggal di kota-kota seperti Lisbon dan Porto di Portugal adalah sekitar $2.207 per bulan, menurut International Living.

Kolumbia

Cuaca sepanjang musim semi yang sempurna membuatnya menarik untuk pensiun di sana setelah menjalani seluruh hidupnya di timur laut Amerika Serikat.

Kolombia memiliki suhu panas dan tropis selama setahun di kota-kota pesisir seperti Santa Marta atau Cartagena, dengan lebih banyak kondisi seperti musim semi di tempat-tempat pedalaman seperti Medellín, Pereira dan Armenia.

Perkiraan biaya bulanan untuk pasangan berkisar dari $ 1.030 hingga $ 2.720 per bulan di Kolombia.

Ekuador

Iklim di Ekuador "bervariasi berdasarkan ketinggian, bukan lintang".

"Suhu bisa sangat panas," Tetapi di kota-kota dan kota-kota seperti Quito, Cuenca, atau Vilcabamba, suhu tinggi dimoderasi oleh ketinggian, yang berarti bahwa di tempat yang tepat, ekspatriat dapat hidup dalam suhu seperti musim semi sepanjang tahun, dengan matahari yang hampir konstan.

Di pantai, segalanya sedikit berbeda. Pensiunan dapat menikmati suhu sekitar 80 ° F selama setengah tahun dan suhu yang lebih ringan dengan tutupan awan dari Mei hingga Oktober. Iklim musim dingin dapat ditemukan di berbagai puncak gunung di Andes.

Perkiraan biaya bulanan untuk pasangan yang tinggal di kota-kota seperti Cuenca adalah US$1.770 per bulan.

Peru

Jika Anda mencari suhu dingin sekitar 60 ° F hingga 70 ° F dengan angin sepoi-sepoi dan tidak ada serangga, pergilah ke utara ke kota pantai populer di Huanchaco, Peru.

Jika Anda lebih suka suhu hangat dan kering, Anda dapat menemukannya di bagian selatan pantai Peru. Namun, bulan-bulan musim dingin cenderung berkabut dan dingin.

Perkiraan biaya bulanan untuk pasangan yang tinggal di Peru adalah $ 1.861 per bulan.

Meksiko

Meksiko sangat ideal untuk pensiunan yang menginginkan cuaca California Selatan tanpa lalu lintas.

Karena ukuran Meksiko (tiga kali ukuran Texas), negara ini memiliki berbagai macam iklim. Jika Anda mencari panas yang lebih kering, pergilah ke Los Cabos, yang terletak di ujung selatan Semenanjung Baja California Meksiko, sementara kota-kota seperti San Miguel de Allende, yang terletak di pedalaman dekat dataran tinggi Meksiko, memiliki lebih banyak cuaca seperti musim semi, kata Jason Holland, editor International Living di Amerika Latin.

Musim dingin juga merupakan waktu terbaik tahun ini untuk tinggal di Meksiko karena suhunya berkisar sekitar 80 ° F.

Perkiraan biaya bulanan untuk pasangan yang tinggal di Meksiko adalah $ 1.890 per bulan.

Sumber : cnbc/Bisnis.com