Advertisement

70% Pasien Kanker Baru Tahu Setelah Penyakitnya Parah

Newswire
Selasa, 04 Februari 2020 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
70% Pasien Kanker Baru Tahu Setelah Penyakitnya Parah Ilustrasi penyintas kanker - Reuters - Jim Bourg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pakar onkologi sekaligus Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof Aru W Sudoyo, mengatakan sebanyak 70% masyarakat di Tanah Air baru menyadari dirinya mengidap kanker stadium tiga dan empat saat dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Jadi banyak pasien tidak mengetahui tentang kanker sehingga datang sudah terlambat," kata dia di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Advertisement

Ia mengatakan YKI telah berupaya mengedukasi serta melakukan program deteksi dini kepada masyarakat untuk mengetahui berbagai hal tentang kanker sehingga paham apa yang mesti dilakukan.

"Kami melakukan edukasi, pemeriksaan dan deteksi dini untuk beberapa jenis kanker tertentu terutama payudara," ujarnya.

YKI juga memberikan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang memiliki anggota keluarga pengidap kanker. Hal itu berguna terutama saat pasien sudah berada pada titik akhir sehingga keluarganya mengetahui cara perawatan di rumah.

Selain menjalankan program deteksi dini, ia juga menganjurkan masyarakat mengubah gaya hidup menjadi lebih baik. Hal itu bisa dilakukan dengan menjaga pola makan sehat, berolahraga dan tidak merokok.

"Apalagi saat ini masyarakat disibukkan dengan berbagai aktivitas yang padat serta dimanjakan dengan kendaraan sehingga kurang berolahraga dan bergerak," kata dia.

Ia mengatakan sekitar 95% faktor risiko kanker bukan karena keturunan, melainkan akibat lingkungan serta gaya hidup yang salah dan sudah menjadi kebiasaan.

"Ditambah lagi polusi udara sekarang yang berbeda dengan 50 tahun lalu. Itu sangat memengaruhi," kata dia.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit merilis deteksi dini terhadap kanker diperlukan.

Sebab jika kanker dapat ditemukan secara dini dengan ukuran masih kecil atau kurang dari satu sentimeter serta ditangani dengan cepat dan tepat, maka ada harapan sembuh hampir 100%.

Kemenkes juga mengimbau masyarakat segera berkonsultasi ke dokter saat menemukan benjolan sekecil apapun karena menunda berarti memberi kesempatan sel kanker berkembang dan mengurangi kesempatan untuk sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement