Advertisement

Ini Makanan yang Membantu Menyamankan Perut Saat Haid

Newswire
Minggu, 09 Februari 2020 - 13:17 WIB
Nina Atmasari
Ini Makanan yang Membantu Menyamankan Perut Saat Haid Ilustrasi sayuran. - Ruters/Rupak De Chowdhuri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Wanita yang sedang haid biasanya nafsu makannya meningkat. Namun harus diingat bahwa makanan tersebut perlu diperhatikan agar tidak berdampak buruk terhadap proses menstruasi.

Banyak dari kalian yang ingin mengonsumsi semua makanan saat haid bukan? Ingin makan enak dan membuat perut terasa nyaman saat haid. Berikut makanan yang baik dikonsumsi saat haid datang dirangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Ikan

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan bisa meringankan kram perut saat haid terjadi. Ikan yang bisa kamu konsumsi seperti salmon, tuna, dan sarden.

2. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan juga baik untuk dikonsumsi saat kamu haid. Vitamin E pada kacang akan mencegah pusing akibat haid. Selai kacang bisa jadi salah satu contoh yang harus kamu konsumsi.

3. Gandum Utuh

Zat besi yang terkandung pada gandum utuh ini sangat baik jika dikonsumsi saat haid. Gandum bisa mengurangi resiko anemia saat kamu haid.

4. Buah-buahan

Mengonsumsi buah memang sangat penting untuk kesehatan. Namun, saat haid kamu membutuhkan banyak serat untuk mencegah masalah percernaan. Serat bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, semangka, pepaya dan pisang.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari. Terutama untuk kamu yang sedang haid. Zat besi dan kalsium yang terkandung dalam sayuran hijau bisa menghindari terjadinya kram pada perut. Brokoli, Bayam dan Salad misalnya.

6. Coklat Hitam

Coklat bisa menjadi cemilan pengubah mood saat haid. Coklat hitam memiliki kandungan seperti asam lemak omega 3, omega 6, magnesium dan anti oksidan yang bisa meredakan nyeri dan menenangkan pikiran.

7. Telur

Telur mengandung vitamin D, B6, dan 3 yang bisa meredam nyeri haid. Zat besi yang terkandung pada telur juga bisa mengagantikan sel darah merah saat haid berlangsung. Dengan mengonsumsi telur, kamu akan tetap fokus saat haid.

8. Daging Sapi Tanpa Lemak

Saat haid, wanita akan merasakan lemas dan mudah lelah. Dengan mengonsumsi daging tanpa lemak kamu akan mendapatkan vitamin B12 dan protein yang membuat energi kamu kembali bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement