Advertisement

Klarifikasi Kemenkes tentang Kabar WNI Suspek Virus Corona Masuk dari Singapura

Rezha Hadyan
Senin, 10 Februari 2020 - 08:27 WIB
Nina Atmasari
Klarifikasi Kemenkes tentang Kabar WNI Suspek Virus Corona Masuk dari Singapura Kementerian Kesehatan - kemenkes.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah kabat beredar menyebutkan enam WNI di Singapura suspect virus Corona akan masuk ke Indonesia lewat Batam. Kementerian Kesehatan akhirnya angkat bicara terkait hal itu.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Yurianto mengatakan keenam WNI tersebut bisa dipastikan bukanlah suspect.

Advertisement

Pasalnya, protokol Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan bahwa suspect yang notabene sedang sakit dan menunggu hasil tes tidak diperbolehkan melakukan perjalanan lintas negara.

Yurianto mengungkapkan bahwa Kantor Kesehatan dan Pelabuhan serta Dinas Kesehatan Tanjungpinang telah menemui keenam WNI yang dimaksud. Hasilnya, mereka sama sekali tidak menunjukkan adanya gejala seperti suspect virus Corona.

"Semua pelaku perjalanan yang disebut dalam laporan tersebut dapat ditemui, dianamnesis dan diperiksa. Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan demam dan tidak sesak napas," katanya dalam keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis.com pada Minggu (9/2/2020).

Adapun sebelumnya beredar informasi yang mengatasnamakan Kemenkes dan Otoritas Karantina Singapura ditujukan untuk Kantor Imigrasi Batam bahwa ada enam WNI suspect virus Corona yang akan keluar dari Singapura menuju ke Indonesia.

Informasi yang beredar tersebut juga mencantumkan identitas berupa nama dan nomor paspor milik enam WNI tersebut. Disebutkan pula dua diantaranya berhasil masuk lewat Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay, Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement