Takut Keluar Rumah karena Corona, Kelas Gym Online Diminati Warga China

Ilustrasi pilates - istimewa
18 Februari 2020 14:27 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - "Berdiri di depan kursi, bahu tegak," ujar Heidi Liu, instruktur Pilates mendemonstrasikan beberapa pose dan peregangan yang dilakukan di sebuah studio di Shanghai. 

Tetapi ada yang aneh, tidak ada murid di kelas Pilates ProWorks studio yang terletak di tengah kota Shanghai. Liu malah menampilkan posenya melalui siaran langsung menggunakan iPad, yang disiarkan untuk orang-orang yang berolahraga dengannya di rumah.

Tempat kebugaran tubuh dan restoran tak lagi dikunjungi karena merebaknya virus corona, sehingga warga terpaksa menghindari tempat umum dan tinggal dirumah sebagai gantinya.

Selagi otoritas menawarkan beberapa pilihan bantuan untuk menangkal virus ini, para pemilik usaha mati-matian mencari cara untuk mempertahankan usahanya sembari menunggu keadaan membaik.

Siaran langsung telah menjadi salah satu tren terbesar di China dan telah dilakukan oleh para instruktur olahraga akhir-akhir ini, dengan pusat kebugaran tubuh yang bisa disaksikan langsung oleh penggunanya yang terjebak dirumah agar tetap sehat.

"Kami tidak ingin klien kami melupakan kami, bila kami tidak melakukan apapun beberapa klien akan takut bahwa kita sudah tidak melanjutkan usaha ini. Kami mencoba melakukan hal yang membuat nyaman semua orang," kata Chris Li pemilik Pilates ProWorks.

Mayoritas kelas online yang ditawarkan gratis menarik banyak perhatian, dua puluh menit kelas Liu mendapatkan 4,700 suka tetapi tidak ada pendapatan yang masuk.

"Aku tidak berencana untuk mencuri klien baru, aku hanya mencoba untuk mempertahankan klienku yang lama," ujar Liu Xiaojin, pemilik rantai gym bernama Gravity Plus yang juga baru memulai kelas online 10 hari yang lalu dan menyewa kelas gym agar bisa mendapatkan dana.

Sumber : Bisnis.com