Ini Saran Dokter Kulit tentang Cara Mengatasi Jerawat Membandel

Jerawat - overcomepcos.com
20 Februari 2020 08:27 WIB Gloria Fransisca Katharina Lawi Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang lumrah dialami orang dari kalangan remaja hingga dewasa. Jerawat menjadi momok menakutkan khususnya bagi perempuan. Perlu cara khusus dalam menangani jerawat agar tampilan wajah tetap bersih dan ideal.

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Eddy Karta, jerawat bersumber dari minyak berlebih pada wajah. Oleh sebab itu, bagi Anda yang punya karakter wajah berminyak wajib memilih sabun pembersih wajah yang bisa mengurangi lemak menempel terlalu lama di pori-pori kulit wajah.

“Kadang jerawat juga bisa karena iritasi, jadi kalau iritasi bersihkannya karena terlalu lama. Lalu juga komedo yang banyak dan menimbulkan jerawat,” kata Eddy di The Maj Senayan, Selasa (18/2/2020).

Dia menyarankan, untuk mengatasi jerawat, Anda perlu menggunakan pembersih wajah atau facial foam dengan kandungan minyak atau oil cleanser. Alasannya, oil cleanser berfungsi menarik minyak keluar dari sarangnya.

Setelah menggunakan oil cleanser, Anda perlu melanjutkan ritual dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah. Sehingga, oil cleanser berguna mengangkat minyak, debu dan kotoran. Sementara pembersih wajah berfungsi melembabkan dan membersihkan tampilan wajah.

“Maka harus hati-hati juga dalam pemilihan produk anti jerawat. Karena terkadang produk-produk itu bisa menyebabkan iritasi akhirnya muncul komedo dan jerawat baru,” jelas Eddy.

Eddy menambahkan, pola pemakaian sabun pembersih dan oil cleanser juga tidak bisa berbarengan. Sebaiknya, anda memberi jeda pada saat proses pembersihan wajah. Tujuannya, agar lebih efektif saat memakai oil cleanser maupun sabun pembersih. Tujuan lain juga untuk mengurangi indikasi iritasi.

“Misalnya sedang di kantor, wajah terasa berminyak, itu bisa digunakan,” tuturnya.

Sumber : Bisnis.com