Milarder-Miliarder Ini Punya Pulau Pribadi Mahal dan Mewah

Roman Abramovich - Reuters
20 Februari 2020 18:47 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bagi  miliarder kelas dunia, simbol status tertinggi kekayaan mereka adalah memiliki pulau pribadi. Berikut beberapa miliarder dunia yang tercatat memiliki pulau pribadi yang mahal dan mewah :

1. Craig McCaw

Apakah Anda punya $ 75 juta untuk dibelanjakan? Maka pulau ini bisa menjadi milikmu! Miliarder telekomunikasi Craig McCaw berusaha menyingkirkan pulau seluas 780 are di Pulau James, Kanada. Di pulau itu, dia memiliki tempat tinggal utama seluas 5.000 kaki persegi, lapangan golf yang dirancang oleh Jack Nicklaus, jalur udara, dan kota tiruan ala western. 

Semenatara itu, sekitar 20 persen pulau itu dijadikan sebagai cagar alam.

2. David dan Frederick Barclay

David dan Frederick Barclay membeli pulau Brecqhou, salah satu Kepulauan Channel seharga £3,5 juta. Si kembar identik itu membeli pulau itu pada tahun 1993, yang telah terlarang bagi publik selama 20 tahun.

Pada waktu itu mereka membentenginya dengan puri gothic. Namun, selama tiga tahun terakhir, mereka telah mengadakan uji coba kunjungan wisata dan secara resmi meluncurkan konsep tersebut sejak April. Tur sekarang akan berjalan tiga kali seminggu, dengan maksimum 40 per perjalanan.

3. Larry Ellison

Larry Ellison membeli pulau di Lana’i di Hawaii senilai US$600 juta. Sejak Juni 2012, CEO Orcale membeli 98 persen pulau seluas 141 mil persegi dari miliarder David Murdock. Ini termasuk rumah dan apartemen, salah satu dari dua toko grosir, dua hotel Four Seasons dan lapangan golf, pusat komunitas dan kolam renang, perusahaan air, bioskop, setengah jalan dan sekitar 88.000 hektar tanah.

Pulau ini adalah rumah bagi dua resor dan kota dengan lebih dari 3.000 penduduk.

4. Louis Moore Bacon

Louis Moore Bacon membeli pulau Robins Island di lepas pantai Long Island seharga US$11 juta, pada lelang pengadilan kebangkrutan pada tahun 1993.

Pemodal Wall Street itu kemudian membantu memulihkan pulau dengan menanam pohon ek dan rumput asli, memberikan US$1,1 juta kepada Nature Conservancy untuk memantau spesies langka dan terancam punah di pulau itu. Dia dikenal karena mengundang tamu untuk berburu burung tradisional.

5. Paul Allen

Paul Allen memiliki sebuah pulau yang diberi nama Pulau Allan, bagian dari rantai pulau San Juan, di utara pantai Seattle yang dibelinya seharga US$13,5 juta.

Dia membelinya pada tahun 1992 dengan tujuan membangun rumah liburan di atasnya, tetapi melihat pulau lain dia ingin lebih. Sayangnya, dia masih tidak bisa menjual pulau itu. Pulau itu, memiliki kabin penjaga yang dilengkapi dengan air, septik, dan generator - tetapi tidak ada listrik.

Pulau milik Co-founder Microsoft itu diketahui seluas 292 hektar di lepas pantai Seattle. Allen akhirnya menjual pulau itu pada tahun 2013 dengan harga US$8 juta turun dari permintaan awal sebesar US$25 juta pada tahun 2005 dan US$13,5 juta pada tahun 2009  kepada Eric C. Anderson, seorang wirausahawan yang menjalankan sebuah perusahaan pariwisata luar angkasa yang disebut Space Space Adventures.

Allen juga membeli tanah di Semenanjung Sperry, juga di negara bagian Washington, sebesar US$8 juta pada tahun 1996.

6. Richard Branson

Richard Branson membeli Necker Island di Kepulauan Virgin Britania Raya seharga US$200.000.

Bertempat di Karibia, Necker Island telah menjadi tuan rumah bagi banyak selebritis dan royalti A-list. Branson membeli pulau itu pada tahun 1979 pada usia 28 - enam tahun setelah mendirikan Virgin Group. Setelah rekonstruksi ekstensif sejak 2011, akan segera tersedia untuk sewa eksklusif dengan harga £ 40.000 per malam.

Dia diberitakan menghabiskan lima tahun membangun resor senilai US$$10 juta untuk mempertahankan kepemilikan tanah. Pada pertengahan 2000-an itu bernilai sekitar US$60 juta.

7. Roman Abramovich

Roman Abramovich memiliki Pulau Holland Baru di St. Petersburg dengan harga US$400 juta.

Mogul Rusia, Abramovich membeli Pulau New Holland, bekas pangkalan militer yang runtuh di tengah kanal St. Petersburg, pada tahun 2010. Ia berencana mengubah pulau seluas 18 acre, yang akan selesai enam tahun, menjadi museum seni . Ketika renovasi selesai, itu akan terbuka untuk umum.

8. Lin Dong

Dong adalah pengusaha Cina yang mendirikan perusahaan peralatan medis dan juga menghasilkan uang dengan pasar saham pada 1990-an. Pada 2015, Dong tidak memiliki satu, tidak dua, tetapi dilaporkan 30 pulau dalam portofolio real estatnya sebesar 3 juta yuan, atau US$4.366.350.

9. Kristina Roth

Roth menjalankan bisnis konsultasi, Matisia Consultants, yang menghasilkan US$45 juta setahun sebelum menjualnya pada 2016. Usaha berikutnya adalah SuperShe, retret pemberdayaan khusus wanita di pulau pribadinya Finlandia yang dapat Anda nikmati dengan harga US$4.680 seminggu atau US$2.340 untuk tiga malam. Dia juga dilaporkan memiliki pulau lain di Turks & Caicos.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia