Advertisement

Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Memasak

Syaiful Millah
Senin, 24 Februari 2020 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Memasak Ilustrasi - Thecookingacademy

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Tak sedikit kesalahan-kesalahan yang dilakukan orang ketika mereka berada di dapur. Dilansir dari Independent, Minggu (23/2) berikut ini adalah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan berkaitan dengan dapur dan masak-memasak berdasarkan jawaban para juru masak (chef).

1. Membeli bahan makanan berlebihan

Advertisement

Tilesh Chudasama, Founder and Chef India Restaurant Chai Naasto mengungkapkan ada banyak sekali orang yang melakukan kesalahan ini. Mereka membeli bahan-bahan masakan yang berlebih, sehingga tak jarang sisanya harus dibuang.

Menurutnya, ada banyak trik kecil yang bisa dilakukan untuk menghindarinya seperti membeli lebih sedikit, membekukan sisa bahan makanan, membagikannya, mendaur ulang sisa makanan untuk menu baru. Intinya, jangan dibuang!

2. Manajemen waktu

Richard Bainbridge, Proprietor and Chef Restaurant Benedicts mengatakan manajemen waktu menjadi hal penting yang seringkali tidak dihiraukan banyak orang ketika berada di dapur dan melakukan aktivitas memasak.

Dia mengungkapkan, dengan meluangkan waktu untuk mengatur diri sendiri termasuk untuk berada di dapur, akan berdampak pada proses memasak yang lebih santai dan menyenangkan.

3. Tidak terorganisir

Ani Arora, Head of Chef Nircana Kitchen London mengatakan kesalahan fatal banyak orang berkaitan dengan proses memasak adalah tidak terorganisir dan tidak bersih-bersih.

Hal tersebut, lanjutnya, menjadikan kegiatan masak tidak efisien dan tidak menghasilkan sajian yang terbaik. Menurutnya, setiap orang perlu untuk menyusun dapurnya secara teratur dan memastikan kebersihannya selalu terjaga.

4. Tidak mencicipi makanan

Paul Wedgwood, Co-owner Wedgwood Restaurant in Edinburgh mengutarakan satu hal yang menjadi bagian penting dari memasak adalah mencicipi dahulu masakan yang dibuat.

Dia menegaskan, kendati seseorang telah seringkali memasak menu yang sama, mereka tetap perlu mencicipinya terlebih dahulu untuk benar-benar memastikan rasa yang dihasilkan.

5. Terpaku pada resep

Dan Doherty, Chef Director of Duck & Waflle menyebutkan banyak orang yang baru belajar memasak ketika mencoba hidangan baru sangat terpaku pada resep yang didapatkannya dari berbagai sumber, bahkan hingga detail-detail bahan tambahannya.

Padahal, seharusnya memasak adalah kegiatan yang menyenangkan sehingga perlu untuk mereka bereksplorasi dengan apa yang dimiliki. Mengikuti resep dasarnya dan kembangkan sesuai dengan keinginan kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Viral! Istri Siri Polisi Curhat Alami KDRT, Kompolnas Surati Kapolda Kepri

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement