Advertisement

Diburu untuk Cegah Virus Corona, Ini Manfaat dan Kandungan Hand Sanitizer

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 03 Maret 2020 - 14:47 WIB
Nina Atmasari
Diburu untuk Cegah Virus Corona, Ini Manfaat dan Kandungan Hand Sanitizer Hand sanitizer - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wabah virus corona atau Covid-19 membuat warga di seluruh dunia harus memperhatikan pola hidupnya. Pakar medis di seluruh dunia sepakat menyatakan bahwa salah satu upaya efektif untuk mencegah virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan.

Karena, tangan adalah mediasi tempat menularnya virus melalui rongga di wajah seperti mata, mulut dan hidung. Jadi ketika tangan terkena virus dari orang lain, dan menyentuh wajah, maka akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh manusia.

Advertisement

Kapan dan Bagaimana Menggunakan Hand Sanitizer

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit adalah badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention  (CDC) merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air jika memungkinkan karena mencuci tangan mengurangi jumlah semua jenis kuman dan bahan kimia di tangan.

Tetapi jika sabun dan air tidak tersedia, menggunakan pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol dapat membantu Anda menghindari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain.

Pembersih tangan berbasis alkohol dapat dengan cepat mengurangi jumlah mikroba di tangan dalam beberapa situasi, tetapi pembersih tidak menghilangkan semua jenis kuman.

Alasannya, karena sabun dan air lebih efektif daripada pembersih tangan untuk menghilangkan beberapa jenis kuman, seperti Cryptosporidium, norovirus, dan Clostridium difficile.

Meskipun pembersih tangan berbahan dasar alkohol dapat menonaktifkan banyak jenis mikroba dengan sangat efektif ketika digunakan dengan benar, orang mungkin tidak menggunakan pembersih dalam volume yang cukup besar atau dapat menyeka sebelum kering

Hand Sanitizer kurang efektif ketika tangan tampak kotor atau berminyak

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pembersih tangan bekerja dengan baik dalam pengaturan klinis seperti rumah sakit, di mana tangan bersentuhan dengan kuman tetapi umumnya tidak sangat kotor atau berminyak.

Beberapa data juga menunjukkan bahwa pembersih tangan dapat bekerja dengan baik terhadap jenis kuman tertentu pada tangan yang sedikit kotor. Namun, tangan mungkin menjadi sangat berminyak atau kotor di lingkungan masyarakat, seperti setelah orang menangani makanan, berolahraga, bekerja di kebun, atau pergi berkemah atau memancing. Ketika tangan sangat kotor atau berminyak, hand sanitizer mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Hand sanitizer juga mungkin tidak menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti pestisida dan logam berat, dari tangan.

Mengapa? Meskipun beberapa penelitian telah dilakukan, pembersih tangan mungkin tidak dapat menghilangkan atau menonaktifkan banyak jenis bahan kimia berbahaya. Dalam sebuah penelitian, orang yang menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan mengalami peningkatan kadar pestisida di tubuh mereka. Jika tangan menyentuh bahan kimia berbahaya, cuci dengan hati-hati dengan sabun dan air (atau seperti yang diarahkan oleh pusat kendali racun).

Pilih Hand sanitizer berbasis alkohol setidaknya 60% alkohol

Banyak penelitian telah menemukan bahwa pembersih dengan konsentrasi alkohol antara 60-95% lebih efektif dalam membunuh kuman dibandingkan mereka yang memiliki konsentrasi alkohol lebih rendah atau pembersih tangan berbasis non-alkohol.

Pembersih tangan tanpa alkohol 60-95% mungkin tidak bekerja dengan baik untuk banyak jenis kuman dan hanya mengurangi pertumbuhan kuman daripada membunuh mereka secara langsung.

Saat menggunakan pembersih tangan, oleskan ke telapak satu tangan dan gosokkan ke seluruh permukaan tangan hingga kering

Langkah-langkah untuk menggunakan pembersih tangan didasarkan pada prosedur sederhana yang direkomendasikan oleh CDC. Menginstruksikan orang-orang untuk menutupi semua permukaan kedua tangan dengan pembersih tangan telah ditemukan untuk memberikan efektivitas disinfeksi yang sama dengan memberikan langkah-langkah terperinci untuk pembersih tangan dengan tangan.

Menelan hand sanitizer berbasis alkohol dapat menyebabkan keracunan

Alasannnya karena pembersih tangan berbasis etil alkohol (etanol) aman bila digunakan sesuai petunjuk, tetapi dapat menyebabkan keracunan alkohol jika seseorang menelan lebih dari beberapa suap.

Dari 2011 - 2015, pusat kendali racun A.S. menerima hampir 85.000 panggilan tentang paparan pembersih tangan di antara anak-anak. Anak-anak mungkin cenderung menelan hand sanitizer yang wangi, berwarna cerah, atau dikemas secara menarik.

Karena itu hand sanitizer harus disimpan jauh dari jangkauan anak-anak dan harus digunakan dengan pengawasan orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement