Advertisement

Masker Kain Ternyata Layak Dipakai Sampai Dua Minggu, Cobalah

Newswire
Sabtu, 07 Maret 2020 - 12:47 WIB
Nina Atmasari
Masker Kain Ternyata Layak Dipakai Sampai Dua Minggu, Cobalah Karyawan pabrik masker di Changyuan, Provinsi Henan, memeriksa hasil pekerjaannya di tengah tingginya permintaan masker di China selama berjangkitnya wabah COVID-19. - Antara

Advertisement

Harianjogja.comJAKARTA - Munculnya wabah virus Corona atau COvid-19 di seluruh dunia membuat warga banyak yang mengenakan masker saat beraktivitas. PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI mengungkapkan satu masker kain dapat bertahan satu sampai dua pekan.

Direktur Utama RNI Eko Taufik Wibowo mengatakan masker dapat digunakan dalam jangka waktu tersebut jika tidak terkena air atau hal-hal lainnya.

Advertisement

"Sebenarnya kalau tidak terkena air atau hal-hal lainnya, masker itu bisa kuat dan masih layak untuk dipakai sekitar satu sampai dua pekan," ujarnya, Jumat (7/3/2020).

Eko mengatakan untuk orang sehat dalam rangka melindungi diri dan karena virus corona di Indonesia tidak terlalu parah atau menjadi mematikan, sedikit melakukan penghematan dengan cukup menggunakan satu atau dua masker selama beberapa minggu tidak masalah.

"Saya sendiri sudah mencobanya lebih dari satu minggu, kondisi masker tersebut masih layak pakai dan normal," katanya.

Dia menambahkan untuk masker kain warna-warni itu sama saja efeknya dengan masker kain berwarna hijau. Perbedaannya hanya pada kain, tetapi yang terpenting lapisan dalamnya harus sama dan memenuhi standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok masker dan perlengkapan kesehatan lainnya aman dan tersedia di seluruh Apotek Kimia Farma.

Erick mengatakan bahwa Kimia Farma sudah membatasi penjualan tidak boleh membeli lebih dari dua masker. Menurut dia, harga masker di Kimia Farma dipastikan tidak dinaikkan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo mengatakan bahwa jumlah stok masker yang ada saat ini sekitar 215 ribu lembar. Pihaknya masih melakukan pemesanan sekitar 7,2 juta lembar masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement