Kenali Si Bintik Putih di Wajah tapi Bukan Komedo

Foto Ilustrasi. - Istimewa/Shutterstock
10 Maret 2020 02:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Whitehead kerap kali dikira komedo karena tumbuhnya di hidung, dagu, dan kening.

Whitehead sebenarnya mirip dengan komedo, namun berwarna putih. Whiteheads ada karena pori-pori tersumbat ditutupi lapisan tipis kulit. Kulit tersebut melindungi jerawat dari oksigen, dan warna putih atau kekuningan yang tampak pada wajah merupakan minyak dan sel kulit mati.

Selanjutnya, penyebab kedua datangnya whitehead ialah bisa juga dengan faktor konsumsi pil atau obat pengontrol kehamilan atau pil KB, dan terakhir faktor genetik yang mengalir dalam garis keturunan keluarga juga diketahui hadir sebagai salah satu penyebab dasar muncul dan berkembang-biaknya aneka tipe jerawat termasuk whitehead di dalamnya.

Sama seperti jerawat pada umumnya, kehadiran whitehead di wajah memang menyebalkan dan bisa membuat kepercayaan diri menjadi berkurang.

Dengan mengetahui apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya whitehead tersebut, setidaknya kita akan lebih memahami apa yang harus dilakukan, sebagai langkah pencegahan datangnya whitehead.

Tapi, jangan khawatir whiteheads dapat dihilangkan dengan cara merawat wajah dengan produk yang mengandung belerang, asam salisilat. Kedua ramuan tersebut dapat mengurangi minyak dan penyumbatan pori-pori serta meminimalkan pembengkakan.

Sumber : Okezone