Garam Bisa Dimanfaatkan untuk Membantu Cegah Corona, Begini Caranya

Ilustrasi budidaya garam. - Bisnis Indonesia
11 Maret 2020 11:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Garam merupakan bahan makanan yang lazim ada di setiap rumah. Namun, tahu kah kamu jika garam memiliki beragam manfaat salah satunya menjadi cairan antiseptik alami untuk membersihkan barang-barangmu agar tidak terpapar virus corona Covid-19?

Dilansir Suara.com dari AsiaOne, ini dia manfaat garam guna membersihkan beragam barang, benda dan kotoran yang ada di rumahmu agar bebas dari virus corona!

1. Membersihkan area kuning di ketiak baju
Cuaca Indonesia yang lembap membuat kita mudah berkeringat. Hal tersebut menyebabkan noda keringat yang menguning pada kemeja atau seragam putih yang kamu kenakan. Meski ada deterjen khusus yang dijual di pasaran, kamu bisa menghemat pengeluaranmu dengan menggunakan garam sebagai penggantinya.

Kamu hanya perlu mencampurkan empat sendok makan garam ke empat liter air dan terus oleskan larutan air garam tersebut pada noda kuning sampai benar-benar hilang.

2. Hilangkan noda darah dan bekas anggur
Garam secara efektif dapat menyerap kelembapan, jadi kamu bisa mencoba menghilangkan noda seperti darah maupun anggur dengan menggunakan garam hanya dengan mengoles garam dalam jumlah banyak pada noda yang tertinggal. Biarkan semalaman atau rendam dalam air garam agar noda hilang seluruhnya.

3. Atasi masalah tersumbat
Kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah penyumbatan pada saluran pembuangan tanpa perlu memanggil tukang ledeng.

Cukup campurkan garam, soda kue, dan cuka dengan air panas. Lalu tuangkan adonan tersebut ke saluran pembuangan dan biarkan ramuan bekerja sekitar satu jam atau lebih.

4. Bikin kecoa dan semut kabur
Bawah kecoa dan semut secara tiba-tiba memang kadang membuat sakit kepala. Memerangai kedua hal tersebut dengan peptisida dapat beracun dan berbahaya bagi manusia.

Kini kamu bisa mengusir semut dan kecoa hanya dnegan mencampur garam dengan air panas, lalu dinginkan. Pindahkan air tersebut dalam sebuah botol semprot lalu mulai semprotkan ke area yang banyak 'disambangi' semut dan kecoa.

5. Meringankan sakit tenggorokan
Jika kamu merasa sakit tenggorokan, coba sampur setengah sendok teh garam dan air hangat untuk berkumut. Garam membantu membunuh bakteri di tenggorokan dan mengurangi pembengkakan yang pada akhirnay dapat menenangkan tenggorokanmu yang sakit.

6. Membersihkan hidung
Larutan garam pada dasarnya menggabungkan air dan garam, yang dapat digunakan untuk mengobati luka dan membersihkan sinus, tetapi hanya dapat disimpan untuk jangka waktu yang singkat.

Kamu bisa menambahkan garam ke air bersih dan menggunakannya secara langsung pada luka atau membersihkan hidung atau tambahkan satu sendok teh garam ke dua cangkir air mendidih dan dinginkan sebelum menggunakannya.

Selamat mencoba dan tetap jaga kebersihan ya!

Sumber : Suara.com