Advertisement

Ini yang Terjadi Jika Suatu Negara Memutuskan Lockdown

Newswire
Jum'at, 13 Maret 2020 - 10:57 WIB
Nina Atmasari
Ini yang Terjadi Jika Suatu Negara Memutuskan Lockdown Foto ilustrasi: Wisatawan di Colosseum Roma, Italia mengenakan masker. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Guna membatasi penyebaran wabah virus corona Covid-19, sejumlah negara memutuskan melakukan lockdown. Negara Italia dan Denmark memutuskan untuk menerapkan kebijakan lockdown atau mengisolasi negara secara keseluruhan.

Menurut aturan yang telah dikeluarkan oleh Italia, ada beberapa hal yang bisa dan tidak bisa warga lakukan selama masa isolasi atau lockdown.

Advertisement

Dilansir Suara.com dari image.ie, berikut aturan lengkap yang dikeluarkan oleh pemerintah Italia terkait kebijakan lockdown di negara Eropa tersebut.

1. Pergerakan
Pemerintah Italia mengimbau semua warganya untuk sebisa mungkin tidak keluar rumah. Pergi bekerja masih diizinkan meski lebih disarankan untuk bekerja di rumah jika memungkinkan.

Residen yang bukan WN Italia boleh pergi bekerja keluar dengan syarat membawa surat atau dokumen resmi untuk membuktikan mereka bekerja kepada otoritas lokal. Surat dan dokumen mungkin akan diminta saat residen bepergian ke luar. Wisatawan juga dapat memperoleh dokumen tersebut.

Ada larangan mutlak untuk meninggalkan rumah bagi siapa saja yang dinyatakan positif virus corona.

Sementara mereka yang mengalami gejala seperi demam, batuk dan pilek disarankan untuk tetap tinggal di rumah dan menelepon dokter serta menghindari kontak dengan orang lain.

Warga diizinkan meninggalkan rumah untuk membeli bahan makanan dan barang-barang penting lainnya. Pemerintah menyarankan agar tidak ada 'panic buying' dan mengatakan warga jangan membeli makanan sekaligus karena akses berbelanja akan diberikan.

2. Transportasi
Warga diizinkan menggunakan bus, taksi dan kereta api untuk menuju dan pulang kerja selama memegang dokumen yang relevan.

Saat ini tidak ada pembatasan transportasi barang karena dianggap kebagai kebutuhan. Kurir angkutan juga masih beroperasi.

3. Aktivitas rekreasi
Taman akan tetap dibuka untuk alasan lokasi berolahraga tetapi pemerintah menyarankan untuk menghindari aktivitas apa pun dalam kelompok dan menjaga jarak satu meter antara satu orang dengan orang lainnya.

Bar dan restoran buka mulai pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore setiap hari. Pesan antar makanan hanya dibolehkan setelah pukul 6 sore.

Sementara salon kecantikan, penata rambut dan tukang cukur masih buka tapi hanya berdasarkan reservasi atau janji temu dan bekerja harus mengenakan sarung tangan serta masker.

4. Sekolah dan universitas
Sekolah dan universitas ditutup higga 3 April 2020.

Sangat dimungkinkan untuk melaksanakan kelas dan kegiatan belajar mengajar di tingkat universitas secara online. Penelitian dan pekerjaan laboratorium masih diizinkan asalkan dilakukan sesuai dengan langkah-langkah kebersihan yang tepat.

5. Agenda besar
Acara olahraga dan acara terorganisir lainnya telah ditunda di Italia. Bioskop, museum, diskotik dan tempat-tempat umum lainnya juga ditutup.

Hingga 3 April, semua pertemuan keagamaan termasuk pernikahan dan pemakaman ditunda. Tempat ibadah masih terbuka untuk dikunjungi tetap tidak diizinkan menjadi tempat acara berkumpul dan harus memastikan jarak satu meter antara satu orang dengan orang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement