Apakah Mesin Pengering Tangan Bisa Basmi Virus Corona? Ini Jawabannya

Ilustrasi-Mesin pengering tangan - shopee
13 Maret 2020 11:57 WIB Desyinta Nuraini Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Wabah virus Corona atau Covid-19 menimbulkan banyak informasi yang beredar, namun tidak semuanya benar.

Sejumlah kabar mengenai metode untuk membasmi virus yang "berasal" dari Kota Wuhan itu seketika muncul. Salah satunya kabar bahwa virus Corona akan mati jika seseorang menggunakan mesin pengering tangan. 

Tidak sedikit orang yang percaya akan hal ini sehingga mereka lebih memilih untuk mengeringkan tangan dengan mesin pengering daripada dengan tisu. Benarkah mesin pengering tangan ampuh membunuh Corona?

Mengutip keterangan dari situs Alodokter, faktanya mesin pengering tangan tidak bisa membunuh virus Corona. Mesin ini hanya menarik udara sekitar dan menyemburkannya kembali dengan kecepatan tinggi. 

Memang, sebagian mesin dapat menghangatkan udara yang telah ditarik sebelum disemburkan. Namun, ini tidak serta-merta bisa membunuh kuman atau virus di tangan Anda.

Langkah yang paling tepat untuk mencegah virus ini yaitu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak tersedia keduanya, hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen bisa digunakan sebagai alternatif.

Mengeringkan tangan setelah cuci tangan memang dapat menurunkan risiko terjadinya penularan virus Corona. Namun, anggapan bahwa mesin pengering tangan dapat membunuh virus Corona hanyalah hoaks.

Jadi, penting untuk selalu merujuk pada sumber informasi terpercaya jika Anda mendapat info apa pun terkait Corona. Termasuk kabar soal cara membunuh Corona.

Sumber : Bisnis.com