Asmirandah Jalani Bayi Tabung, Ini Pemeriksaan yang Harus Dilakukan Sebelumnya ...

Ilustrasi bayi. - Okezone
14 Maret 2020 09:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pasangan selebritis, Asmirandah dan Jonas Rivanno sedang menjalani program bayi tabung untuk mendapatkan buah hati. Hal ini terungkap saat Andah, sapaan Asmirandah mengunggah momen pertama saat berkonsultasi dengan ginekolog.

"Konsultasi pertamaku dengan Dr. @merryamelya_ps di @morulaivf_jakarta," tulis Asmirandah.

Seperti yang sudah kita tahu, bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) merupakan sedangkaian prosedur penggabungan telur dan sperma di luar tubuh.

Sel telur yang sudah dibuahi dan sudah dalam fase siap aka dipindahkan ke rahim.

Berdasarkan Mayo Clinic yang dilansir dari Suara.com, sebelum memulai siklus IVF menggunakan telur dan sperma sendiri, ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan.

1. Pengujian cadangan ovarium

Untuk menentukan jumlah dan kualitas telur, dokter mungkin menguji konsentrasi follicle-stimulating hormone (FSH), estradiol (estrogen) dan hormon anti-mullerian dalam darah selama beberapa hari pertama siklus menstruasi.

Hasil tes, sering digunakan bersama dengan USG ovarium, dapat membantu memprediksi bagaimana ovarium akan merespons obat kesuburan.

2. Analisis semen

Jika tidak dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan kesuburan, dokter akan melakukan analisis semen sesaat sebelum memulai siklus perawatan IVF.

3. Skrining penyakit menular

Pasangan akan diskrining untuk penyakit menular, termasuk HIV.

4. Latih pemindahan embrio (tiruan)

Dokter mungkin akan melakukan transfer embrio tiruan untuk menentukan kedalaman rongga rahim dan teknik yang paling mungkin berhasil untuk menempatkan embrio ke dalam rahim.

5. Pengujian rahim

Dokter akan memeriksa lapisan dalam rahim sebelum memulai IVF. Ini mungkin melibatkan sonohisterografi, di mana cairan disuntikkan melalui serviks ke dalam rahim, dan USG untuk membuat gambar rongga rahim.

Bisa juga termasuk histeroskopi, di mana teleskop yang tipis, fleksibel, dan terang (hysteroscope) dimasukkan melalui vagina dan leher rahim ke dalam rahim.

Sumber : Suara.com