Tips Agar Efisien saat Bekerja di Rumah

Ilustrasi - Sheknows
16 Maret 2020 15:27 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Berbagai lembaga pendidikan dan tempat umum telah ditutup selama beberapa hari karena wabah Corona. Bahkan, beberapa acara juga telah dibatalkan untuk mengendalikan penyebaran virus mematikan ini, sampai berbagai perusahaan juga telah mengeluarkan kebijakan kerja dari rumah untuk memastikan karyawan mereka aman dari infeksi Covid-19.

Lagi pula, tidak ada yang akan merasa termotivasi dan nyaman untuk keluar dari rumah mereka sementara ada wabah pandemi. Dalam situasi seperti itu, bekerja dari rumah dapat menjadi pilihan yang layak dan aman bagi para profesional yang bekerja.

Tetapi jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda akan bekerja secara efisien saat berada di rumah, dilansir dari boldsky.com, ada beberapa tips agar anda dapat bekerja secara efisien walaupun di rumah.

1.Selalu isi daya handphone dan laptop Anda

Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa ponsel dan laptop Anda terisi daya sehingga pekerjaan Anda tidak terpengaruh karena pemadaman listrik. Anda tidak pernah tahu kapan ada pemadaman listrik di tempat Anda. Ketika Anda berada di tempat kerja Anda, jelas ada tidak akan khawatir apabila mati listrik, sehingga ada baiknya tetap dipersiapkan.

2. Persiapkan tempat kerja Anda

Tentu saja, ketika Anda bekerja dari rumah, Anda masih bisa bekerja di tempat tidur dan membawa ke laptop Anda untuk memulai pekerjaan Anda. Tetapi bagaimana dengan menyiapkan ruang kerja untuk itu?

Anda dapat mengatur ruang kerja Anda di sudut ruang tamu atau kamar tidur Anda juga. Anda bisa mengatur meja dan kursi, tempat Anda bisa duduk dan bekerja dengan tenang. Niat di balik mendirikan ruang kerja Anda adalah untuk mempersiapkan diri secara mental untuk bekerja secara efektif.

3.Buat mental Anda seperti bekerja di kantor

Jika Anda berpikir Anda dapat bekerja dengan baik saat Anda menguap dan masih mengenakan pakaian tidur, maka Anda mungkin salah. Anda mungkin tidak dapat fokus pada pekerjaan Anda dan akan mudah bosan.

Mandilah, kenakan pakaian bersih dan sarapan seperti yang Anda lakukan sebelum berangkat ke kantor. Duduklah di ruang kerja Anda dan mulailah bekerja seperti yang Anda lakukan di tempat kerja pada hari-hari biasa.

4.Informasikan keluarga Anda

Memberi informasi pada keluarga Anda bahwa Anda sedang bekerja dari rumah bisa jadi cara yang ampuh untuk mengurangi gangguan pada konsentrasi Anda.

Keluarga Anda dapat beraktivitas seolah-olah anda sedang bekerja di kantor, bukan di rumah.

5. Tetap terhubung dengan rekan kerja Anda

Cara terakhir adalah dengan tetap lancar berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja Anda agar efisien dan efektif. Anggaplah cara dan frekuensi Anda berkomunikasi Anda sama dengan rutinitas Anda di kantor

Sumber : Bisnis.com