Begini Cara Sederhana Membuat Hand Sanitizer Menurut Pakar Nano Teknologi UGM

Ilustrasi hand sanitizer. - Antarafoto
17 Maret 2020 07:07 WIB Salsabila Annisa Azmi Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Adanya panic buying akibat merebaknya Covid 19 menyebabkan persediaan hand sanitizer dan alkohol di pasaran menipis. Terkait hal tersebut, masyarakat yang kehabisan stok bisa membuat cairan hand sanitizer sendiri.

Pakar Nano Teknologi dari Jurusan Farmasi Universitas Gadjah Mada, Ronny Martien, mengatakan bagi masyarakat yang sudah memiliki cairan alkohol bisa mulai membuat hand sanitizer sendiri.

"Misalnya punya cairan alkohol 96 persen, tambahi air 30 persennya, kemudian ditambah gliserin atau bahan pelembap," kata Ronny saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (16/3/2020).

Ronny menjelaskan fungsi gliserin sebagai pelembap bisa didapatkan dari gel aloe vera. Gel aloe vera dapat menjaga kulit tangan agar tak kering dan terkikis oleh tangan yang digosok-gosokkan bersama cairan alkohol.

Beredar kabar bahwa hand sanitizer hanya ampuh untuk membunuh bakteri, sedangkan virus, dalam hal ini Covid 19 bisa dibunuh dengan sabun. Terkait hal tersebut, Ronny mengatakan, cairan alkohol dan sabun sama-sama bisa membunuh virus.

"Sebenarnya sama saja. Virus itu mati kalau lemak pelindungnya rusak. Alkohol dan sabun sama-sama memiliki surfaktan yang dapat menghancurkan lemak pelindung virus," kata Ronny.

Ronny mengatakan, baik sabun, alkohol, maupun hand sanitizer sama-sama bersifat disinfectant.