Pakar: Jangan Stres Hadapi Corona, Imunitas Tubuh Bisa Menurun

Ilustrasi stres - Reuters
18 Maret 2020 17:37 WIB Lajeng Padmaratri Lifestyle Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia tak dipungkiri memunculkan kecemasan pada banyak pihak. Namun, pakar promosi kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) meminta masyarakat untuk bisa mengelola stres.

Pakar Promosi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, dr. Fatwa Sari Tetra Dewi menuturkan stres bisa menurunkan imunitas tubuh. Padahal, ketika kekebalan tubuh menurun, virus justru menjangkit dengan lebih mudah.

"Ada tiga langkah utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres karena Covid-19, yaitu bekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang virus ini, cari tahu tentang kondisi kesehatan diri sendiri, dan tentukan sikap sesuai kondisi saat ini," kata Fatwa ketika dihubungi Harian Jogja pada Rabu (18/3/2020).

Saat ini informasi di media massa maupun media sosial mengenai Covid-19 tak terbatas. Namun, Fatwa mengimbau masyarakat untuk bisa menyaring informasi ini dari sumber-sumber yang terpercaya saja seperti WHO, Center for Disease Control (CDC), dan instansi terkait.

Meski begitu, ia mengakui jika belum semua masyarakat kritis ketika mengakses sumber informasi mengenai Covid-19 yang ada di sekelilingnya. Namun, setidaknya masyarakat bisa memprioritaskan sumber informasi yang resmi.

"Sekarang hoaks tentang Covid-19 bukan main, ya. Lebih cepat menyebar daripada virusnya sendiri," kata tim Health Promoting University (HPU) UGM ini.

Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk tahu batasan diri masing-masing ketika menerima informasi Covid-19. "Paparannya dikurangi saja kalau sudah enggak nyaman. Nggak perlu terus nonton TV, untuk update saja," ujarnya.