Enak sih Kerja dari Rumah, tapi Berat Badan Bisa Naik lho ...

Ilustrasi Obesitas - Reuters
19 Maret 2020 00:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Beberapa perusahaan sudah memberlakukan kerja dari rumah (work from home) untuk memutus rantai penularan virus Corona (Covid-19). Namun efek kebijakan ini justru bisa merugikan kita lho, salah satunya berat badan jadi naik. 

Jaclyn Reutens selaku pakar diet dari Aptima Nutrition dan Sports Consultans Singapore, mengatakan faktor lingkungan sangat memengaruhi kebiasan ngemil. Kerja dari rumah bisa saja membuat konsumsi snack meningkat, yang berujung pada kenaikan berat badan.

"Snack mudah dijangkau di rumah, kecuali rumah Anda adalah mansion dengan ruang kerja dan dapur terpisah jauh," ujarnya, dilansir Channel News Asia mengutip Suara.com, Selasa (17/3/2020).

Bahkan menurut Reutens, bukan tak mungkin kerja dari rumah membuat Anda mengalami kenaikan berat badan hingga 0,5 kg per minggu. Dengan begitu, berat badan bisa naik hingga 2 kg dalam sebulan, selama periode kerja dari rumah diberlakukan.

Hal ini berbeda dengan saat Anda bekerja di kantor. Bekerja di kantor membuat keinginan ngemil berkurang, karena Anda makan besar di jam-jam tertentu.

"Terlebih, rumah adalah daerah aman dan nyaman. Anda bisa ngemil tanpa takut cibiran dari rekan kerja, sementara akses menuju makanan jauh lebih mudah," tambahnya lagi.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan saat kerja dari rumah?

dr Lee Phong Ching, konsultan dari departemen endokrinologi di Singapore General Hospital, menyebut cara pertama untuk mencegah kenaikan berat badan adalah dengan mengganti seluruh makanan yang ada di rumah dengan menu yang lebih sehat.

Singkirkan keripik kentang dan makanan olahan, lalu isi meja makan Anda dengan buah-buahan. Dengan begitu ketika Anda ngemil, yang dimakan adalah makanan sehat dengan kalori rendah.

"Melakukan diet sehat bisa dilakukan dengan mudah jika Anda mempersiapkannya dengan baik," ungkap dr Lee.

Terakhir, jangan lupa untuk bergerak. Di kantor, Anda bisa bergerak ke kamar mandi, dapur, pantry, hingga halaman depan. Kebiasaan itu juga wajib Anda lakukan ketika kerja dari rumah.

"Ini jadi kesempatan bagus untuk menggunakan waktu yang selama ini habis di perjalanan dari dan menuju kantor. Anda bisa memanfaatkannya dengan olahraga," tutur Lee.

Sumber : Suara.com