Advertisement

Informasi Valid tentang Virus Corona Bisa Diperoleh Lewat Whatsapp, Begini Caranya

Anggara Pernando
Jum'at, 20 Maret 2020 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Informasi Valid tentang Virus Corona Bisa Diperoleh Lewat Whatsapp, Begini Caranya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memberikan keterangan saat konferensi pers Komunikasi Publik Penanganan Virus Corona di Jakarta, Senin (3/2). Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Informasi valid tentang perkembangan virus corona kini bisa diperoleh dengan lebih mudah. Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan layanan chatbot untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang valid dan terkini mengenai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air.  Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi whatsapp dari nomor 0811 3339 9000.

“Kementerian Kominfo bekerja sama dengan  WhatsApp Facebook dan Telkom Group sedang membangun Chatbot WA yang bisa diakses publik dengan nama akun: covid19.go.id,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G Plate, dalam dalam Konferensi Pers Online, Kamis (18/3/2020).

Advertisement

Menurut Johny, melalui chatbot ini, publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah untuk memperoleh informasi secara interaktif. Konten pada chatbot tersebut disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan RI. Sosialisasi akun chat resmi ini akan dilakukan melalui Lembaga Penyiaran, SMS blast, banner di media online dan flyers.

Beberapa informasi yang dapat diakses melalui layanan chatbot ini di antaranya tentang kabar terkini Covid-19 di Indonesia, informasi gejala dan hal detil mengenai virus corona, bagaimana cara melindungi diri dan penggunaan masker yang benar. Serta informasi mengenai rumah sakit rujukan Covid-19.

Selain menyediakan fasilitas chatbot, WhatsApp (Facebook) juga sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi Covid19. Untuk pelaksanaannya, Kementerian Kominfo akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun WhatsApp.

“Whatsapp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni  Indonesia dan Singapura,” ujar Johny.

Sebelumnya, Kominfo sudah memberi dukungan penuh penyediaan kanal informasi bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyebarluaskan informasi penanganan pandemi Covid-19. Kanal informasi yang sudah aktif antara lain SMS blast dengan sender BNPB melalui operator seluler, Call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh Lembaga Penyiaran Publik dan Swasta.

Untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan penanganan darurat terkait Virus Corona (Covid-19), Kementerian juga telah menetapkan Nomor Pelayanan Darurat yang dapat diakses melalui nomor 117. Layanan ini bebas pulsa dan secara ekslusif digunakan oleh BNPB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Golkar DIY Bakal Terima Nama Calon yang Dijaring di Pilkada 2024, Berikut Nama-nama Kandidatnya

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement