Ini Langkah Agar Anak Terhindar dari Virus Corona

Ibu peluk anak - istimewa
23 Maret 2020 12:47 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Virus corona atau Covid-19 lebih mudah menyerang dan menyebabkan komplikasi yang fatal pada orang yang berdaya tahan tubuh lemah, termasuk pada bayi.

Oleh karena itu, pencegahan menjadi penting untuk tetap menjaga buah hati aman dari virus yang menyerang banyak negara ini. Mengutip Alodokter, ada berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi anak dari virus Corona.

Langkah pertama yakni rutin memberikan bayi anda air susu ibu (ASI). Pasalnya, ASI mengandung banyak nutrisi dan antibodi yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit dan infeksi.

Kemudian, jauhkan anak dari orang yang sedang sakit, terutama yang sedang terinfeksi virus corona. Lalu, cuci tangan anda dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer selama 20 detik sebelum menyentuh, menggendong, menyusui, atau memberi makan anak.

Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin, lalu segera buang tisu dan cuci tangan. Gunakan masker apabila sedang batuk atau pilek.

Bunda atau ayah perlu segera membawa anak ke dokter jika dia terlihat mengalami gejala infeksi Covid-19, terutama jika ada riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi virus ini atau bepergian ke daerah yang mengalami wabah Covid-19 dalam waktu 2 minggu terakhir.

Adapun gejala infeksi virus corona bisa berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian penderita Covid-19 menunjukkan gejala yang ringan atau mirip gejala flu, tapi ada juga penderita yang mengalami gejala berat akibat pneumonia. Gejala ini dapat muncul dalam waktu 2–14 hari setelah terpapar virus corona.

Namun gejala infeksi virus corona pada bayi sedikit berbeda dengan gejala yang muncul pada orang dewasa. Pada bayi, infeksi virus corona dapat menyebabkan demam, batuk, sesak napas, kurang mau menyusu atau minum, lemas dan kurang aktif, hingga diare.

Sumber : Bisnis.com