Advertisement

Pakai Alkohol ke Seluruh Tubuh Bisa Tangkal Corona?

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 24 Maret 2020 - 03:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakai Alkohol ke Seluruh Tubuh Bisa Tangkal Corona? Ilustrasi hand sanitizer. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Baru-baru ini, ada video yang memperlihatkan seorang pria menggunakan hand sanitizer. Uniknya, pria ini tidak hanya mengoleskan cairan tersebut ke tangannya, tetapi ke bagian tubuh yang lain seperti perut, lengan, dan leher. 

Mungkin pria itu ketakutan terkena virus Corona (Covid-19) sehingga mengoleskan cairan hand sanitizer ke hampir seluruh bagian tubuhnya. Video viral tersebut juga dibagikan dalam unggahan Instagram @merapi_news belum lama ini. 

Advertisement

Namun, apakah hal tersebut memberikan pengaruh besar pada pencegahan Covid-19?  Melansir situs World Health Organization (WHO), jawabannya adalah tidak.

Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda tidak akan membunuh virus yang telah memasuki tubuh Anda. Bahkan, menyemprotkan zat-zat semacam itu malah berbahaya bagi pakaian atau bahkan selaput lendir seperti Mata, mulut.

Perlu dipahami bahwa alkohol dan klorin dapat berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi perlu digunakan di bawah rekomendasi yang tepat.

Sekadar informasi, pasien positif virus corona atau Covid-19 yang meninggal dunia kembali bertambah. Tercatat berdasarkan data dari pemerintah hingga hari Senin (23/3/2020) mencapai 49 orang dari 579 pasien dinyatakan positif.

Dengan total 49 orang meninggal dunia pun angka rata-rata kematian akibat virus corona di Indonesia mencapai angka 8,46%. Dengan catatan tersebut membuat Indonesia bertengger di bawah Italia yang berada di peringat pertama di dunia lantaran, angka kematiannya cukup tinggi mencapai 9,26%.

Untuk di Indonesia angka pasien positif virus corona Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Hingga hari ini ada penambahan sebanyak 65 kasus baru sehingga total ada 579 orang dinyatakan positif dan 30 orang dinyatakan virus corona Covid-19.

Jika merujuk data global, saat ini tingkat kematian akibat virus corona mencapai 14.746 orang dari 341.330 pasien positif. Untuk pasien sembuh sekarang sudah mencapai 99.040 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone, Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perhatian! Berikut Syarat dan Tahapan Paslon Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Sleman

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement