Advertisement

Bisakah Seseorang Terinfeksi Virus Corona Dua Kali?

Siti Halida Fitriati (ST 19)
Minggu, 29 Maret 2020 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
Bisakah Seseorang Terinfeksi Virus Corona Dua Kali? Foto dari bentuk tiga dimensi model Virus Corona. - Reuters/ Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Jika seseorang pernah terinfeksi virus corona kemudian pulih, bisakah ia terinfeksi untuk kedua kalinya? Para ilmuwan belum mengetahui jawabannya secara pasti.

Namun, ada beberapa kasus dari orang yang dites kemudian positif untuk kedua kalinya, tetapi datanya terlalu lemah dan tidak tersebar secara luas, dan bisa jadi ada masalah lain seperti hasil positif palsu.

Advertisement

Para ilmuwan dari Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok di Beijing, melakukan penelitian terhadap empat kera positif corona. Semua hewan itu kemudian pulih dan mengembangkan antibodi. Sistem kekebalan tubuh kera ini memproduksi protein untuk membantu melawan infeksi.

Tetapi penelitian belum dapat dijadikan bukti, sebab belum dilakukan tes pada manusia. Karena ada beberapa virus dalam keluarga virus corona yang dapat menghasilkan kekebalan jangka pendek.

Akan tetapi, menurut seorang sarjana senior Center for Health Security di John Hopkins, Amesh Adalja, mengaku percaya bahwa orang akan memiliki beberapa tingkat kekebalan setelah infeksi. "Namun, apabila terjadi infeksi berulang, tidak separah infeksi sebelumnya," katanya.

Hingga kini, para ilmuwan di berbagai institusi sedang bekerja untuk mengembangkan tes antibodi untuk manusia. Antibodi dari manusia yang dianggap benar-benar efektif untuk melawan virus bisa dilihat beberapa minggu hingga beberapa bulan ke depan setelah mereka selamat dari infeksi parah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Petugas Medis American Lung Association.

“Seberapa baik individu mengembangkan kekebalan terhadap SARS-CoV-2 hanya akan dapat dinilai dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan ke depan sebagai individu yang selamat dari infeksi parah," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa perlu menggunakan plasma dari orang yang selamat sebagai salah satu perawatan potensial terhadap penyakit Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement