Advertisement

Kelompok Lansia Wajib Waspadai Tiga Sumber Penularan Corona Ini, Salah Satunya Interaksi dengan Cucu

Devi Sri Mulyani
Minggu, 29 Maret 2020 - 15:27 WIB
Nina Atmasari
Kelompok Lansia Wajib Waspadai Tiga Sumber Penularan Corona Ini, Salah Satunya Interaksi dengan Cucu Masyarakat yang berusia lanjut usia perlu mewaspadai tiga hal yang menjadi sumber penularan Covid-19. - Antara/Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Prof. Purnawan menyampaikan masyarakat yang berusia lanjut usia perlu mewaspadai tiga hal yang menjadi sumber penularan Covid-19. Hal itu disampaikan  saat hadir memberi paparan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Minggu (29/03/2020).

Dilansir BNPB, ada 3 sumber penularan Covid-19, yang pertama adalah barang-barang yang dikirim secara daring, kedua uang tunai, dan ketiga interaksi antara cucu dan kakek.

Advertisement

"Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang ngantar, ini harus kita perlakukan sebagai benda terinfeksi, untuk uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya, kalau saya pegang pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah," ujar Purnawan.

Sementara itu, interaksi antara cucu dan kakek juga agak riskan terjadinya penularan. Hal tersebut merujuk pada kakek yang termasuk dalam kelompok berisiko usia lanjut. Menurut Purnawan, interaksi antara kakek dan cucu ini harus dilakukan secara hati–hati dan waspada.

Saat ini pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta masyarakat untuk melakukan kegiatan produktif seperti bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Tidak hanya melakukan kegiatan produktif, masyarakat harus tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencui tangan. Hal itu perlu dilakukan sebagai langkah pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement