WHO: Disinfektan Berbahaya jika Disemprot ke Tubuh

Wujud bilik disinfektan (walk through disinfection/WTD) yang disiapkan PT Angkasa Pura II untuk mencegah penularan virus Covid-19. - Dok. Istimewa
30 Maret 2020 09:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dalam akun Twitter resminya, World Health Organization (WHO) menyebutkan jika menyemprot cairan disinfektan pada tubuh bisa berbahaya pada kesehatan. Seharusnya penyemprotan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda saja. 

"Lawanlah covid dengan cara-cara yang tepat," demikian menurut keterangannya, mengutip Bisnis.com jaringan Haianjogja.com

Dikutip dari jurnal kementerian tenaga kerja Hong Kong disebutkan jika beberapa disinfektan kimia mengiritasi kulit, mata, dan sistem pernapasan.

Disinfektan yang sangat korosif dapat menimbulkan kerusakan serius jika bersentuhan dengan kulit atau mata.

"Disinfektan yang ditularkan melalui udara juga akan menyebabkan masalah pernapasan jika digunakan di area dengan ventilasi buruk," demikian menurut keterangan jurnal tersebut.

Di Indonesia, saat ini banyak wilayah yang menerapkan penyemprotan disinfektan pada tubuh orang yang akan memasuki wilayahnya.

Bahkan, beberapa wilayah juga membuat bilik disinfektan khusus dimana orang bisa masuk ke dalamnya untuk disemprot disinfektan.

Sumber : Bisnis.com, Twitter